oleh

Tingkatkan Penghasilan Pelaku UMKM, Dinkop Bakal Libatkan di Momen Lebaran

Pati, SMJTimes.com – Selain fasilitasi penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk tingkatkan penghasilan pengusaha kecil Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati akan dampingi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dalam program belanja parsel Provinsi Jawa Tengah tahun 2021.

Kepala Bidang UMKM Dinkop UMKM, Hendri Kristianto mengatakan, program provinsi ini dilatar belakangi niat Dinkop UMKM Provinsi Jateng untuk menyerap produk pengusaha kecil jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Meski demikian Kabid yang akrab dipanggil Kris itu belum bisa menyebutkan berapa jumlah produk UMKM Pati yang akan diserap dalam program tersebut lantaran proses koordinasi masih berlangsung.

“Ini parselnya baru tahap koordinasi dengan Provinsi Jateng karena itu program di Dinkop UMKM Jawa Tengah bekerjasama dengan IJK (Industri Jasa Keuangan), tapi insya allah dipastikan ada,” kata Kris saat ditemui Mitrapost.com beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga :   Dewan Harap Peternakan Lokal Jadi Alternatif Impor Daging

Kris menambahkan, dalam program ini pihaknya telah menawarkan 15 produk makanan ringan andalan Pati untuk dikurasi oleh Dinkop Provinsi Jawa tengah.

Kurasi ini kaitannya dengan kesiapan dari UMKM, izin Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT) dan label halal untuk menjamin keamanan konsumen. Termasuk desain kemasan juga diperhatikan.

Kris mengaku Produk ini nantinya akan dibeli oleh perbankan di bawah naungan IJK, untuk diberikan kepada para staf dan pegawai sebagai hadiah hari raya.

“Dari bank-bank itu membeli produk UMKM untuk diberikan staf. Kami sudah ajukan prodak 15 baru dikurasi sama IJK nanti masuk dalam parsel bentuknya makanan ringan,” terang Kris.

Paling dekat hasil kurasi akan disampaikan minggu depan.

Baca Juga :   Lebaran Menghitung Hari, 1.170 Pemudik Masuk Pati

“Minggu ini semoga ada keputusannya agar tidak terlalu mepet hari raya. Bukan untuk pejabat tapi dari bank yang membutuhkan,” katanya.(*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Dinkop Pastikan UMKM Pati Akan Ikut Suplai Produk Program Beli Parsel Lebaran”

Komentar

News Feed