oleh

Desa Suntri Siapkan Taman Arboretum untuk Kembangkan Wisata Rembang

Rembang, SMJTimes.com – Dukung pengembangan wisata di Rembang, Kepala Desa Suntri, Kecamatan Gunem Edi Sutopo mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan Sendang Kapuntren untuk taman arboretum.

Sejumlah tumbuhan langka tumbuh di Sendang Kaputren, termasuk pohon klumpit yang sekarang tumbuh sangat besar. Dia memperkirakan umur pohon itu sudah ratusan tahun, pasalnya sejak dia kecil pohon klumpit itu sudah besar.

“Tanaman seperti monstera yang terkenal mahal itu juga banyak tumbuh. Maka dari itu dengan banyaknya tumbuhan langka di sini, kedepan kita sedang mempersiapkan taman arboretum,” jelas Edi, Jumat (19/3/2021).

Desa Suntri Siapkan Taman Arboretum untuk Kembangkan Wisata Rembang

Selain taman arboretum nantinya juga akan dibangun kolam renang sebagai wahana bermain. Saat ini sudah dibangun kolam renang untuk anak-anak dan kedepan akan dibangun kolam untuk dewasa.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Rembang Menurun, Penutupan Pasar Tiap Jumat Berlanjut

“Tahun 2020 itu sudah saya prioritaskan anggarannya, tapi ada kendala covid jadi kita hanya mengerjakan pembangunan untuk kolam renang anak-anak saja. Untuk pengembangan di Sendang Kapuntren ini sudah kita anggarkan 300an juta,” imbuhnya.

Di Sendang Kapuntren pun juga ada tradisi sedekah bumi setiap satu tahun sekali, dan diperkirakan menjadi daya tarik wisata tersendiri. Untuk tempat kondangan saat sedekah bumi juga di Sendang Kapuntren sini.

Sementara itu, Tono pendamping Desa Suntri berharap wisata yang telah dipersiapkan akan membawa nilai edukasi dan penelitian. Hal ini dengan tujuan agar warga sekitar Rembang kalau mau belajar mengenai tumbuhan bisa ke Suntri dantidak usah jauh-jauh ke Bogor.

Baca Juga :   Dindikpora Rembang Imbau Sekolah Bersiap Sambut KBM Tatap Muka

“Kita pingin membidik ke sana supaya kelestarian alam pohon yang notabenya langka dan sudah berumur ratusan tahun ini terjaga. Maka sebenarnya kita juga membuka peluang atau mencari bantuan dari berbagai pihak untuk mengembangkan arboretum,” jelasnya.

Jumari, ketua pengelola wisata mengaku untuk peningkatan kualitas wisata Sendang Kapuntren dirinya akan medengarkan permintaan pengunjung.

“Kita mengikuti permintaan pengunjung. Permintaan pengunjung itu meminta supaya kondisi yang rindang ini dilestarikan,” pungkasnya. (Adv)

Komentar

News Feed