oleh

Dispertan Salurkan Bantuan Alat Angkut Tembakau, Dewan Pati Berikan Apresiasi

Pati, SMJTimes.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengapresiasi pemerintah yang membantu meringankan produktivitas petani tembakau.

Hal teresebut disampaikan nggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Darbi, dalam merespons pemberian bantuan alat angkut hasil panen tembakau.

72 Dispertan Salurkan Bantuan Alat Angkut Tembakau Dewan Pati Berikan 1

Menurutnya, langkah yang dilakukan pemerintah sudah tepat. Mengingat, petani tembakau sangat membutuhkan alat angkut hasil panen.

“Pemerintah telah melakukan langkah yang solutif. Dengan adanya bantuan alat angkut panen, maka petani semakin dimudahkan membawa hasil panen menuju tempat pengolahan,” ujar Darbi saat dihubungi, Kamis (4/3/2021).

Bantuan berupa sepeda motor Viar meringankan pengangkutan hasil panen tembakau untuk alokasi 50 hektare area perkebunan tembakau yang saat ini menjadi lahan budidaya petani.

Baca Juga :   Bulan Ramadan, Dewan Imbau Masyarakat Bantu Sesama

“6 unit sepeda motor Viar yang dibagikan kepada masing-masing kelompok tani sudah cukup efektif pada ukuran luasan lahan tersebut,” ujar Anggota Komisi B dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

Perlu diketahui, bantuan berasal dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Provinsi Jawa Tengah. Bantuan tersebut dianggarkan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2021.

Tidak cukup sampai di situ, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah merencanakan bantuan berupa unit lain kepada petani tembakau. Diantaranya sepeda motor roda tiga, pupuk KNO3, pupuk NPK, Kultivator sebanyak 6 unit, dan mesin perajang sebanyak 6 unit.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Tanaman Semusim Bidang Perkebunan Dispertan Kabupaten Pati, Tri Yulianto, bantuan tersebut rencananya akan disalurkan April 2021 bertepatan pada awal masa tanam tembakau.

Baca Juga :   Harga Telur Ayam Tinggi Sejak Hari Raya

DBHCHT yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati benar-benar dikembalikan untuk masyarakat, khususnya petani tembakau. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan produktivitas petani tembakau di Bumi Mina Tani. (Adv)

Komentar

News Feed