oleh

Sepanjang 2020, 49 Kebakaran di Pati Didominasi Human Error

Pati, SMJTimes.com – Selama tahun 2020 terjadi 49 kejadian kebakaran di Kabupaten Pati, sebagian besarnya disebabkan oleh human error (kesalahan manusia).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Hadi Santosa melalui Kabid Damkar dan Linmas Satpol PP Pati Mirza Nur Hidayat.

Baca juga : Kerugian Kebakaran Rumah di Margoyoso Capai 20 Juta

“Dominan penyebabnya adalah human eror. Ada masalah pembakaran sampah, biasanya meremen sampai rumah, dari kompor gas dan listrik karena faktor manusianya,” kata Mirza, Sabtu (2/01/2021).

Sedangkan kejadian kebakaran terbanyak terjadi di Pati bagian timur. Diantaranya di Kecamatan Juwana, Batangan, Jakenan, Jaken, dan Pucakwangi, sehingga daerah-daerah tersebut kini prioritas untuk diawasi.

Baca juga : Faktor Dominan Kebakaran di Pati Karena Kelalaian Warga

Kendati demikian jumlah tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun 2019.  Pasalnya 2020 diketahui musim kemaraunya terhitung singkat dan basah.

Selain itu, pihaknya juga mencatat, Damkar Pati telah melakukan 39 tindakan penyelamatan termasuk penyemprotan lumpur paska banjir dalam periode yang sama.

Baca juga : Musim Kemarau Berpotensi Kebakaran Lahan, Begini Imbauan BPBD Pati

Tahun ini (2021) kasus-kasus tersebut diupayakan untuk diminimalisir dengan melakukan pelatihan pemadaman api ringan kepada masyarakat.

“Kita selalu menyediakan pelatihan api ringan di masyarakat. Sementara ini baru ke anak sekolahan. Memakai barang apa kira-kira yang bisa digunakan,” kata Mirza

Baca juga : Beruang Purba Zaman Es Ditemukan dalam Kondisi Utuh

“Ke depannya kita membuka diri kepada masyarakat yang membutuhkan pelatihan pemadaman api. Kita sediakan tempat di Mako Damkar, tenaganya dari kita,” imbuhnya.

Mirza mengimbau kepada warga Pati agar tak segan menghubungi tim Damkar Pati apabila memerlukan bantuan tindakan pemadaman api maupun penyelamatan.

Permintaan bantuan bisa dilakukan dengan menghubungi hotline (029) 9383113, atau lewat aplikasi whatsApp di nomor 08112783113. (*)

Baca juga :

Reporter : Moh Anwar

Komentar

News Feed