oleh

Kembali ke Ponpes, Puluhan Santri Lakukan Rapid Test

Pati, Smjtimes.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pati bekerjasama dengan Satuan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 menyelenggarakan rapid test secara gratis bagi santri yang hendak kembali ke pesantren.

Ketua PCNU Kabupaten Pati Yusuf Hasyim mengatakan, rapid test ini diikuti 96 santri dan rencananya mereka akan berangkat ke Pesantren Lirboyo, Jawa Timur pada Senin depan.

“Ini adalah bagian dari progam kita untuk memfasilitasi para pesantren dan santri – santri yang ada di Kabupaten Pati yang ingin berangkat ke pesantren, terutama yang di luar kota,” ungkapnya saat ditemui pada Sabtu (4/7/2020).

Baca juga: RSUD dan Polres Demak Jalin Kerjasama dalam Pelayanan Kesehatan

Rapid test yang digelar hari ini merupakan tahap pertama yang akan diselenggarakan untuk memfasilitasi para santri.

“Ini merupakan tahap yang pertama, kita melakukan rapid tes para santri. Harapan kami semua santri bisa dilayani oleh pemkab secara gratis bagi mereka yang membutuhkan,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua RMI NU Kabupaten Pati, Kiai Muhammad Liwa’uddin menambahkan, pelaksanaan rapid test ini juga menjadi ketentuan dari pesantren Lirboyo. Yakni, sebelum santri kembali ke pesantren harus menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari dilengkapi dengan surat keterangan dari desa masing-masing. Selain itu, santri juga akan kembali dikarantina setelah tiba di pesantren.

Himpunan Santri Lirboyo Pati juga harus menjalani rapid test untuk mendeteksi dini penularan covid-19.

“Karena harus keluar kota maka lebih baik melakukan rapid test, walaupun Lirboyo sendiri tidak menyarankan,” pungkasnya. (*)

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *