Mengapa Kita Di-ghosting? Berikut Penjelasan Menurut Penelitian

SMJTimes.com – Anda mungkin tidak asing dengan istilah di-ghosting pada suatu hubungan. Ghosting sendiri merupakan istilah slang ketika seseorang yang sebelumnya rutin berkomunikasi dengan Anda, tiba-tiba menghentikan komuikasi tanpa memberi tahu alasannya.

Peneliti psikologi menunjukkan bahwa perilaku itu digunakan sebagai strategi pembubaran sepihak tanpa penjelasan, baik bersifat sementara maupun permanen (LeFebvre et al., 2021).

Dilansir dari Psycology Today, hal ini sering ditemukan sebagai cara untuk mengakhiri suatu hubungan. Meski istilah ini merujuk pada hubungan romantis, pada beberapa kasus ghosting juga bisa terjadi di hampir semua hubungan. Hal ini mungkin menimbulkan kebingungan, kecemasan hingga berdampak pada kesehatan mental karena terputusnya hubungan secara tiba-tiba.

Baca Juga :   Mengapa Orang Bisa Memiliki RBF?

Mengapa banyak orang di-ghosting?

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya mengapa mereka di-ghosting. Dr. Tracy Hutchinson membagikan suatu penelitian tentang mereka yang memiliki kecenderungan untuk memutus hubungan tanpa alasan. Mereka mungkin memiliki karakteristik kepribadian yang membuat mereka rentan melakukan ghosting.

Komentar