Kosmetik Mendekati Tanggal Kadaluwarsa? Ketahui Efeknya Berikut!

SMJTimes.com – Bagi sebagian orang, memakai riasan menjadi rutinitas sehari-hari yang wajib dilakukan. Oleh sebab itu, perlu untuk memperhatikan masa kadaluwarsa make-up yang digunakan. Memakai riasan kadaluwarsa mungkin akan menyebabkan beberapa efek tertentu terkait kesehatan dan tampilan kulit wajah.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut efek penggunaan kosmetik yang melebihi expired date.

Iritasi dan jerawat

Beberapa jenis kulit mungkin akan bereaksi terhadap bahan produk yang melebihi expired date, termasuk pori-pori tersumbat, pertumbuhan bakteri dan jamur. Kosmetik yang lama disimpan akan menjadi tempat jamur untuk berkembang biak. Jika kosmetik ini sering digunakan, maka dapat menyebabkan kemerahan, jerawat dan iritasi.

Perubahan warna

Risiko lainnya yang dapat ditimbulkan dari penggunaan produk kosmetik kadaluwarsa adalah perubahan warna. Ini sering terjadi pada produk foundation. Semakin lama produk foundation tersimpan, maka bisa saja mengalami proses oksidasi. Proses ini akan mengubah warna produk menjadi lebih jingga. Selain itu, bedak yang permukaannya sudah mengalami retakan dan batang maskara yang kering, juga bisa mengindikasikan bahwa produk tersebut sudah terlalu lama disimpan. Selain dari warna dan tampilan, produk yang tidak layak pakai juga bisa diketahui dari baunya yang aneh.

Baca Juga :   Mengapa Timbul Jerawat Tepat Sebelum Acara Penting?

Penggunaan tidak maksimal

Risiko lainnya menggunakan kosmetik yang lewat tanggal kadaluwarsa yakni hasil riasan yang tidak optimal. Contoh, saat anda menggunakan produk maskara yang sudah tidak layak, itu akan mudah hilang dan mengelupas. Semakin buruk jika mengenai wajah dan mata anda.

Komentar