5 Manfaat Seledri yang Mungkin Belum Anda Tahu

SMJTime.com – Seledri merupakan jenis sayuran yang umum digunakan pada campuran masakan untuk menambah cita rasa dan aroma. Secara utuh, sayuran hijau ini memiliki rasa pahit dan kuat. Selain itu juga, seledri dianggap sebagai sayuran yang rendah kalori. Hal ini yang membuat seledri cocok dijadikan sebagai pelengkap diet. Tak hanya rendah kalori, seledri juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh anda.

Dilansir dari laman Healthline, berikut manfaat seledri bagi kesehatan.

Indeks glikemik rendah

Seledri mengandung banyak vitamin seperti A, K dan C, serta mineral folat dan potassium. Tak hanya itu, seledri juga memiliki indeks glikemik dan sodium yang rendah, sehingga tidak berpengaruh signifikan pada kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga :   Kebiasaan Olahraga yang Dapat Memperburuk Kondisi Tubuh di Masa Mendatang

Sumber antioksidan

Antioksidan memiliki manfaat pelindung sel, pembuluh darah dan kerusakan oksidatif penyebab penyakit kronis. Seledri mengandung senyawa yang sifatnya antioksidan, yakni vitamin C, beta karoten, dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut terbukti mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ lainnya.

Menetralkan asam

Seledri memiliki kemampuan menetralkan asam. Ini didapatkan dari kandungan mineralnya, seperti magnesium, zat besi dan natrium.

Mengurangi peradangan

Peradangan kronis dikaitan dengan berbagai penyakit tulang, seperti radang sendi dan osteoporosis. Seledri memiliki 25 senyawa anti-inflamasi yang dapat mencegah peradangan pada tubuh.

Menyehatkan organ pencernaan

Sifat Antioksidan dan anti-inflamasi pada seledri memberikan perlindungan pada saluran pencernaan. Polisakarida merupakan senyawa yang terbukti mengurangi sakit maag, memperbaiki lapisan lambung dan memodulasi sekresi lambung.

Komentar