Bau Mulut Tidak Sedap? Coba Konsumsi Makanan Berikut Ini!

SMJTimes.com – Bakteri pada mulut dapat menyebabkan aroma tak sedap yang mengganggu. Menjaga kebersihan rongga mulut menjadi cara paling utama yang harus dilakukan untuk meminimalisir bau mulut. Menyikat gigi secara rutin hingga menggunakan obat kumur dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Namun, ternyata ada beberapa makanan tertentu yang dikonsumsi untuk mencegah bau tidak sedap di mulut. Seorang ahli kesehatan mulut dan gigi menganjurkan untuk mengonsumsi beberapa makanan ini secara rutin.

Buah dan Sayur

Bukan hal baru lagi jika buah dan sayuran memiliki kadar serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tapi, perlu diketahui juga bahwa buah dan sayuran juga baik untuk kesehatan mulut.

Baca Juga :   Berikut Beberapa Jenis Minuman Penurun Kolestrol Jahat

Dilansir dari Kompas, serat pada buah dan sayur bekerja membersihkan rongga mulut dan membantu memproduksi air liur untuk melancarkan makanan masuk ke dalam rongga pencernaan. Buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat juga banyak yang mengandung vitamin C yang dapat melawan bakteri.

Yogurt

Yogurt segar banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan maupun campuran berbagai sajian seperti smoothie. Menurut The International & American Associations for Dental Research, mengonsumsi 85g yogurt sehari dapat mengurangi hidrogen sulfida yang dapat menyebabkan bau mulut. Vitamin D pada yogurt mampu menekan pertumbuhan bakteri.

Teh

Teh hijau dan teh hitam mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengatasi bau mulut. Meski demikian, anda tetap perlu mengimbangi juga dengan meminum air mineral untuk menghidrasi karena mengonsumsi teh secara berlebihan dapat menyebabkan mulut kering.

Baca Juga :   Menurut Ahli Pangan, Berikut Tips Konsumsi Makanan Kaleng!

Air Mineral

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menghindari aroma tidak sedap di mulut adalah dengan menggunakan air mineral untuk membersihkan rongga mulut. Menurut ahli gigi dan mulut, anda bisa minum air setelah makan agar tidak menyisakan makanan di rongga mulut. Sisa makanan menjadi tempat yang paling baik untuk pertumbuhan bakteri di mulut.

Cokelat

Mengonsumsi coklat dapat membantu mengatasi bau mulut. Cokelat dengan kandungan rendah gula telah terbukti dapat menjaga kesehatan mulut. Menurut riset ilmiah, komponen bernama Cocoa Bean Husk (CBH) pada cokelat dapat mencegah karies pada gigi dengan cara memperkuat lapisan enamel. Selain itu cokelat murni yang rendah gula juga memiliki kandungan katekin yang efektif untuk mencegah bakteri penyebab bau tidak sedap.

Baca Juga :   Oleh-Oleh Kuliner Khas Pati yang Banyak Diminati

Komentar