Insomnia? Coba Tips Berikut agar Cepat Tidur!

SMJTimes.com – Insomnia atau sulit tidur dapat menjadikan seseorang kurang berenergi saat bangun. Selain itu, kurang tidur juga dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Maka, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, anda bisa melakukan tips-tips dibawah ini untuk tidur nyenyak sampai pagi.

Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama

Cara pertama adalah membiasakan diri dengan jam tidur yang tertib. Maksudnya, anda perlu menerapkan kapan anda mulai naik ke tempat tidur di malam hari untuk menunggu tubuh terlelap, kemudian di pagi hari anda bisa membiasakan bangun tepat waktu dengan suara alarm. Disiplin terhadap waktu tidur dan bangun dapat membuat tubuh anda merasa terbiasa. Pastikan anda tidur tidak lebih dari 8 jam untuk kualitas tidur lebih baik.

Baca Juga :   Rekomendasi Camilan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Hindari Interaksi dengan Benda Elektronik Sebelum Tidur

Melansir dari Halodoc, cara mengurangi insomnia adalah menghindari interaksi dengan benda elektronik, seperti ponsel. Setidaknya, anda harus meletakan benda tersebut 1,5 jam sebelum jam tidur anda. Jika anda terbangun di malam hari, hindari membuka ponsel, sebab cahaya layar dapat menurunkan produksi hormone melatonin yang membuat tidur terganggu.

Hindari Makanan/Minuman Berlemak dan Tinggi Kafein

Sebaiknya anda tidak mengonsumsi minuman berlemak sebelum tidur. Mengonsumsi makanan berlemak membuat tubuh anda bekerja ekstra untuk menghancurkan lemak. Sementara itu, minuman berkafein memiliki senyawa yang memblokir Reseptor Adenosin yang bertugas mengirim sinyal kantuk ke otak.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur diyakini mampu membuat tubuh rileks, sehingga mudah mengantuk.

Baca Juga :   Kurangi Stres dengan Mendengarkan Musik di Waktu-waktu Berikut

Hindari Tidur Siang

Tidur di siang hari menyebabkan seseorang tidak bisa tidur di malam hari. Beberapa penelitian menemukan bahwa tidur siang setidaknya 2 jam atau lebih dapat mengganggu kualitas tidur malam hingga menyebabkan kurang tidur.

Komentar