Tips Diet Sehat dan Sederhana

SMJTimes.com – Ada banyak metode diet secara cepat, mulai dari mengonsumsi suplemen penurun nafsu makan, berolahraga dengan instruktur, maupun diet ketat dengan memakan makanan-makanan tertentu. Meski begitu, satu hal yang penting dilakukan saat diet adalah memperbaiki pola hidup agar tetap sehat dan bugar. Berikut adalah beberapa tips diet sehat dan sederhana yang bisa anda ikuti.

Sarapan dengan Makanan Mengandung Protein

Dilansir dari Halodoc, protein dapat mengatur hawa nafsu makan. Dengan begitu, protein akan membantu seseorang untuk tetap kenyang. Hal ini disebabkan oleh penurunan hormon lapar ghrelin dan peningkatan hormon kenyang peptide YY, GLP-1 dan kolesistokinin. Beberapa makanan seperti telur, gandum, mentega, kacang, biji-bijian, bubur quinoa dan sarden memiliki kadar protein tinggi.

Baca Juga :   Mengapa Resolusi Tahun Baru Gagal Terwujud? Mungkin Ini Penyebabnya!

Jangan Lupa Mengonsumsi Serat

Makanan mengandung serat, seperti buah, sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan rasa kenyang, mengendalikan kadar gula darah, menurunkan kolestrol, meningkatkan berat dan ukuran feses, serta melembutkannya.

Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat mendukung penurunan berat badan, menyehatkan tubuh dan pencernaan. Dilansir dari CNN Indonesia, pakar kesehatan menyarankan orang dewasa untuk minum 2 liter air, terutama sebelum makan untuk menurunkan berat badan. Ini dilakukan untuk menekan nafsu makan, meningkatkan pembakaran kalori, membuang kotoran di tubuh, memperbaiki metabolisme dan mengurangi keinginan untuk minum minuman manis.

Kurangi Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan seringkali menghilangkan serat dan nutrisi alami. Selain itu, karbohidrat seperti nasi putih, roti dan pasta cepat dicerna, kemudian diubah menjadi glukosa. Glukosa yang berlebihan dalam darah memicu hormon insulin yang meningkatkan penyimpanan lemak.

Baca Juga :   Bagaimana Menikmati Makanan Bisa Memengaruhi Pola Diet Anda?

Waktu Tidur Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas akan memperbaiki metabolisme tubuh. Metabolisme yang kurang efektif membuat tubuh menyimpan energi sebagai lemak. Waktu tidur seseorang juga mempengaruhi pengaturan hormon nafsu makan leptin dan ghrelin.

Olahraga Secara Rutin

Aktivitas fisik juga diperlukan untuk menurunkan berat badan. Cobalah secara rutin melakukan olahraga seperti berlari, jogging, bersepeda, maupun mengunjungi gym. Olahraga yang efektif akan mengurangi kalori, membangun otot dan membantu pembakaran lemak.

Komentar