oleh

Insomnia? Terapkan 8 Tips Berikut

Jadi produktivitas harian Anda  tidak terganggu. Insomnia  sesekali bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun jika sudah berlangsung lama, kamu perlu waspada

 8 tips yang wajib kamu coba untuk mengatasi insomnia

  1. Luangkan waktu untuk bersantai

Sebelum tidur, Anda bisa mencoba berbagai teknik relaksasi, seperti yoga atau Pilates. Kegiatan ini memberikan istirahat dan kenyamanan dan membantu Anda tertidur lebih mudah.

Jika sulit, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk  konseling dan psikoterapi. Salah satu metode psikoterapi yang banyak digunakan untuk mengatasi insomnia adalah terapi kognitif-perilaku.

  1. Konsumsi makanan sehat

Anda sebaiknya menghindari makan makanan yang tinggi lemak jenuh  dan karbohidrat kompleks sebelum tidur, karena jenis makanan tersebut dapat membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras dan mempersulit tubuh Anda untuk beristirahat. Jika Anda ingin makan di malam hari, pilih camilan sehat seperti yogurt.

  1. Kurangi asupan minuman beralkohol dan berkafein

Untuk mengatasi insomnia, sebaiknya hindari minum minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman ringan berkafein, terutama di sore hari dan sebelum tidur.

Baca Juga :   Cara Hilangkan Timbunan Lemak di Perut

Berbagai jenis minuman ini dapat meningkatkan kewaspadaan Anda cukup untuk membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Agar lebih sehat, Anda bisa menggantinya dengan susu atau air.

  1. Hindari merokok sebelum tidur

Nikotin dalam rokok  membuat  sulit tidur. Karena itu, hindari merokok sebelum tidur agar  tidak begadang semalaman.

  1. Prediksi bagaimana tidur Anda akan berubah saat bepergian atau bekerja

Bepergian melintasi zona waktu  atau  bekerja shift malam  dapat mengganggu ritme sirkadian Anda. Ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh yang mengatur  tidur dan terjaga setiap hari, metabolisme, dan suhu tubuh.

  1. Buat kamar tidur yang nyaman

Banyak orang yang sulit tidur karena bekerja, bermain game, dan melakukan berbagai aktivitas lain di kamar tidur. Padahal, kamar tidur idealnya hanya digunakan untuk tidur.

Baca Juga :   Surat At Taubah 119 Tentang Kebenaran dan kebohongan

Karena itu, Anda harus mempraktikkan kebersihan tidur untuk membantu Anda tertidur lebih mudah. Tempatkan meja, komputer, dan TV Anda di luar kamar tidur Anda, dan sesuaikan suhu dan  pencahayaan  untuk menciptakan ruang tidur yang nyaman.

Pilih bantal yang tidak terlalu tinggi agar leher Anda tidak pegal saat bangun tidur. Jika Anda sedang hamil atau mengalami sakit punggung, tidurlah menyamping dengan  bantal di antara  kaki atau di bawah lutut.

  1. Menerapkan gaya hidup sehat

Selain pola tidur yang baik, penting juga untuk menerapkan gaya hidup sehat. Anda dapat mencapai gaya hidup ini  dengan mengatur pola makan, mengurangi stres, dan berolahraga secara teratur selama 30 menit sehari. Olahraga yang bisa Anda coba antara lain berenang, yoga, dan jogging. Ini bisa menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

  1. Minum obat tidur sesuai petunjuk dokter

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati insomnia harus digunakan hanya  sesekali dan seperti yang ditentukan dan direkomendasikan oleh praktisi kesehatan. Meski bisa membuat Anda mengantuk, mengonsumsi obat tidur bisa menimbulkan berbagai risiko dan efek samping, mulai dari kecanduan, sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala hingga perubahan suasana hati.

Baca Juga :   Pasien Covid-19 Tak Bisa Kenali Bau, Ketahui 5 Penyebab Anosmia

Demikian 8 tips yang wajib kamu terapkan untuk mengatasi insomnia atau gangguan susah tidur.

Komentar