oleh

Frasa Madrasah Ditempatkan di Penjelasan RUU Sisdiknas, Begini Tanggapan DPRD

Pati, SMJTimes.com – Menyoal tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Maesaroh menyayangkan penamaan madrasah dengan satuan pendidikan lainnya ditaruh di bagian penjelasan, bukan di batang tubuh.

“Kalau berdasarkan klasifikasi dari Kementerian Pendidikan, tidak ada niatan menghilangkan madrasah dalam RUU Sisdiknas. Tapi kami sangat menyayangkan karena madrasah dan pendidikan lainnya ditempatkan di penjelasan saja,” ungkapnya, Rabu (6/4/2022).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut juga menyampaikan bahwa dengan hal tersebut berpotensi melemahkan tanggungjawab negara pada pendidikan, terkhusus madrasah.

Frasa Madrasah Ditempatkan di Penjelasan RUU Sisdiknas, Begini Tanggapan DPRD

“Kalau demikian justru nantinya madrasah ini bisa lemah atas tanggungjawab dari negara,” imbuh Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati itu.

Baca Juga :   Puluhan Ribu Vaksin Siap Didistribusikan untuk Pelajar dan Santri

Ia juga menyampaikan bahwa negara sesuai dengan amanat undang-undang berkewajiban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan adanya madrasah-madrasah yang ada di Indonesia yang mayoritas adalah yayasan, maka hal demikian bentuk bantuan dari masyarakat terhadap memberikan fasilitas pendidikan bagi bangsa.

Sudah seharusnya pemerintah kembali memberikan bentuk perhatian yang lebih pada madrasah.

“Iya kan seharusnya negara itu bertanggungjawab sepenuhnya atas pendidikan. Dengan adanya madrasah itu kan berarti pemerintah sudah dibantu dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka pemerintah wajib untuk memberikan perhatian,” pungkasnya. (*)

Komentar