Petani Pati Disarankan Ikuti Program AUTP

Pati, SMJTimes.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengingatkan petani untuk mengikuti program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) atau asuransi pertanian.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati, M. Nur Sukarno saat dihubungi SMJTimes.com, Selasa (15/2/2022). Ia mengatakan, asuransi pertanian sebenarnya bermanfaat guna mengantisipasi terjadinya gagal panen akibat tanah puso, perubahan iklim, dan serangan hama.

“Sektor pertanian itu rentan terhadap perubahan iklim seperti banjir, kekeringan maupun serangan hama penyakit. Oleh karena itu, saya menganjurkan para petani untuk mengikuti AUTP supaya petani tidak mengalami kerugian saat gagal panen,” ungkapnya.

Petani Pati Disarankan Ikuti Program AUTP

Akan tetapi, lanjut dia, kesadaran berasuransi dari petani di Bumi Mina Tani belum maksimal. Artinya, petani belum menyadari betapa pentingnya manfaat AUTP tersebut.

Baca Juga :   Gagal Lolos PPPK, Guru SDN Sidokerto 01 Wadul ke Dewan

“Hal ini butuh pendekatan dan pemahaman tentang AUTP kepada para petani. Sehingga tumbuh kesadaran dari para petani,” sambung Sukarno.

Komentar