oleh

Tips Sukses Interview Online

SMJTimes.com – Biasanya interview tidak langsung atau online sering dilakukan oleh perusahaan. Ada dua jenis interview online yaitu interview via telepon dan online yang biasa dilakukan dengan video call. Sebelum melakukan interview, pelamar membutuhkan persiapan yang baik.

Untuk interview secara online sedikit lebih rumit dengan banyak berbagai persiapan. Pasalnya interview secara online dengan video call layaknya interview secara langsung atau face-to-face dengan interviewer.

Melalui video call, interviewer akan mewawancarai seakan berhadapan secara langsung. Dia bisa menyaksikan sikap dan perilaku layaknya wawancara tatap muka dalam satu ruangan.

Persiapkan diri kamu dengan baik ketika akan melakukan interview online dengan melakukan beberapa tips berikut ini :

  1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Sebelum memulai interview, pastikan koneksi internet stabil dan lancar. Gangguan yang terjadi pada koneksi internet menghambat kelancaran proses berlangsungnya interview. Carilah tempat yang menyediakan koneksi internet lancar. Atau bisa dengan memasang wifi di rumah sendiri supaya koneksi internet tidak terhambat ketika melakukan wawancara dengan interviewer.

  1. Mengenakan Pakaian Formal

Untuk bisa menunjukkan keseriusan dan sikap professional, kita perlu memperhatikan cara berpakaian. Hindari cara berpakaian santai, apalagi jika yang mewawancarai kamu berpakaian dengan formal. Tetaplah mengenakan pakaian formal layaknya akan melakukan interview kerja secara langsung.

  1. Berpenampilan Rapi
Baca Juga :   Awal Mula Puasa Asyura dalam Sejarah Islam

Penampilan bisa dikatakan sebagai cerminan diri. Selain itu, jangan mengira interviewer tidak bisa melihat dengan jelas seberapa rapi penampilan walau hanya lewat video. Ingat penampilan kita bisa mempengaruhi penilaian orang lain kepada kita.

  1. Ketika Menjawab Pertanyaan Selalu Melihat Kamera

Jangan mengalihkan pandangan dari kamera ketika menjawab pertanyaan interview. Karena dengan melihat kamera seolah-olah kita melihat wajah orang yang mewawancarai. Selain itu dengan menggeser pandangan dari layar monitor bisa mengurangi rasa gugup karena tidak melihat si pihak yang mewawancarai. Sehingga bisa lebih fokus dan lancar dalam menjawab pertanyaan.

  1. Siapkan Tempat yang Mendukung

Tempat yang tidak terlalu ramai dengan suasana yang terkesan rapi merupakan tempat yang ideal untuk melakukan interview kerja online. Coffee shop atau perpustakaan merupakan tempat yang cocok untuk interview keja online.

Atau bisa juga dilakukan di kamar sendiri atau ruangan kerja di rumah jika memang ruangan tersebut mendukung. Seperti memiliki tembok yang bersih sebagai background. Jika dilakukan di kamar sendiri, hindari kamera bisa menangkap keadaan kamar sedikit berantakan. Intinya jika ingin menggunakan ruangan yang ada dirumah jangan lupa rapihka terlebih dahulu agar tetap enak terlihat.

  1. Perhatikan Volume Suara dan Pencahayaan
Baca Juga :   Awal Mula Puasa Asyura dalam Sejarah Islam

Sebelum melakukan perkenalan, kita wajib memastikan kepada pewawancara dengan bertanya apakah volume suara sudah dapat didengar atau belum. Selain itu tanyakan juga apakah pencahayaan ruangan sudah cukup mendukung atau belum.

Karena dengan pencahayaan yang kurang dan volume suara yang kurang terdengar dapat mengganggu proses hingga hasil interview. Percuma jika kita sudah menjawab dengan bagus tapi tidak terdengar jelas dan percuma juga sudah berusaha berpenampilan rapi tapi tidak bisa dilihat dengan baik karena cahaya yang terlalu gelap.

  1. Bangun Rasa Percaya Diri

Selanjutnya kita perlu menumbuhkan rasa percaya diri agar bisa tampil lebih maksimal  kala menghadiri interview kerja.

Sebab, sebagus apapun penampilan tapi kalau tidak disertai dengan rasa percaya diri, maka semua akan sia-sia. Rekruiter pun ragu untuk merekrutmu sebagai karyawan karena gagal menunjukkan potensi dirimu yang sebenarnya.

Anggaplah wawancara seperti sesi tanya-jawab dengan rekan-rekan biasa. Namun menggunakan tata bahasa yang baik dan benar sehingga bisa lebih rileks saat menjawab.

  1. Kuasai Pertanyaan Umum Interview Kerja

Selain menghafal perkenalan, menghafal beberapa pertanyaan interview yang paling sering ditanyakan juga penting. Dengan mempersiapkan jawaban yang cocok untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut, hal ini dinilai mampu mengurangi rasa gugup.

Baca Juga :   Jateng Siap Terapkan Desa Inklusif, Ganjar Target Pendataan Penyandang Disabilitas

Contoh pertanyaan umum yang biasa dilontarkan dalam sebuah sesi interview kerja adalah berkaitan profil perusahaan, alasan melamar kerja, alasan berhenti dari pekerjaan sebelumnya, target untuk diri sendiri 3 -5 tahun kedepan dan skill lainnya.

Semua orang mempunyai sisi terbaik dalam dirinya. Tapi, tidak semua orang berhasil menunjukkannya kepada orang lain. Hal inilah yang sebaiknya harus dihindari saat interview kerja. Maka dari itu, latihlah mulai ari sekarang kita perlu berlatih untuk menjadi lebih berani sehingga apa yang ada dalam diri akan terpancar dengan sendirinya. Jadikan sesi interview sebagai kesempatan berharga yang tidak bisa diulang kembali agar bisa menunjukkan yang terbaik. (*)

 

Artikel ini telah tayang di cermati.com dengan judul “Dapat Undangan Interview Kerja Online? Lakukan 8 Tips Ini Biar Wawancara Lancar!”

Komentar

News Feed