oleh

Bantu Petani, ASN Pati Borong Cabai Merah

Pati, SMJTimes.com – Merespons anjloknya harga cabai merah di tingkat petani, Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pertanian dan Peternakan membeli cabai merah dari petani Sukolilo dengan harga Rp 8 ribu per kilogram.

Cabai tersebut kemudian akan dijual kembali kepada pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) se-Kabupaten dengan harga yang sama.

Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pati, Nikentri Meiningrum mengungkapkan Pemda Pati sengaja membeli cabai petani dengan harga yang lebih daripada tengkulak dengan harapan para petani bisa mendapat keuntungan lebih untuk menutup ongkos produksi.

Gerakan borong cabai ini kata Niken diinisiasi oleh Pemerintah provinsi Jawa Tengah yang diinstruksikan untuk diteruskan ke tingkat daerah.

“Dalam rangka membantu petani karena kebetulan harga cabai di tingkat petani anjlok sampai Rp2.500. Instruksi gubernur ditindaklanjuti pemerintah kabupaten. Membantu petani menyerap cabai petani agar petani tidak rugi. Perkilonya kami beli Rp8 ribu,” ujar Niken saat ditemui di kantornya, Sabtu (4/9/2021).

Baca Juga :   Bantuan untuk Petani, Asuransi Usaha Tani Padi

Hari ini total Dispertan Pati telah memborong 185 kilo cabai merah Sukolilo melalui petani Desa Gadudero. Cabai-cabai ini kemudian akan didistribusikan ke Dinas Ketahanan Pangan, Diskominfo, Dispermades, Disperkim, dan Bagian Organisasi kantor Setda Pati.

Komentar