Musim Panen, Petani Tembakau Pati Pasarkan Produk Melalui Kemitraan

Pati, SMJTimes.com – Petani tembakau di Kabupaten Pati merasa beruntung terhadap adanya jejaring kemitraan dengan PT Sadhana Arif Nusa, Rembang. Hal ini dikarenakan, para petani tembakau asal Pati dapat menjual hasil panen tembakau dengan target pemasaran yang jelas.

Salah seorang petani tembakau asal Desa Sumberagung, Kecamatan Jaken bernama Eko Novin mengungkapkan jika dirinya bersama petani tembakau lain di desanya merasa terjamin penjualan hasil panennya. Sehingga ia tidak perlu khawatir jika ke depan tembakaunya tidak laku dijual.

“Saat ini kami memiliki jejaring kemitraan dengan perusahaan di Rembang. Sehingga penjualannya sudah bisa terjamain. Jadinya, kami tahu pasarannya,” ungkapnya saat dihubungi, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga :   Catatan LKPJ Bupati, Dewan Soroti Pendidikan di Masa Pandemi

Menurutnya, kebanyakan petani tembakau di wilayah Kabupaten Pati kesulitan dalam menentukan sasaran marketingnya. Sehingga adanya PT Sadhana Arif Nusa mampu memudahkan akses marketing penjualan petani tembakau.

Pada panen MT-2, ia mampu menghasilkan 1,3 ton hasil panen tembakau pada luasan 1 hektare. Dengan keuntungan ditaksir mencapai Rp35 juta. Namun, pada panen MT-3 ini dirinya belum bisa memprediksi hasil panennya.

Komentar