oleh

Komunitas Omah Dolanan Ajak Anak Meriahkan HUT RI ke-76

Pati, SMJTimes.com – Memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-76, sejumlah anak di Komunitas Omah Dolanan Tradisional Pati mengikuti berbagai kegiatan. Salah satunya sepeda santai dan doa bersama.

Peringatan HUT RI ke-76 dimulai dengan upacara bendera dengan penerapan protokol kesehatan (prokes). Dilanjutkan dengan bersepeda santai di Desa Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa.

Menurut Muhammad Toyyib selaku pendiri komunitas tersebut, dirinya sengaja ajak anak-anak mengikuti upacara bendera supaya dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Selain itu, ia juga mengajak anak-anak agar dapat khidmat dalam menghormati sang saka merah putih.

“Kami mencoba menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada anak-anak sejak belia melalui upacara sederhana ini. Selain itu, kami ajak anak-anak supaya disiplin dalam melakukan upacara dengan khidmat,” ungkapnya, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga :   BOR RSUD Pati Capai 100 Persen

Setelah upacara selesai, Toyyib mengajak anak-anak bersepeda santai. Terlihat anak-anak sangat antusias mengikutinya dengan pernak-pernik hiasan yang ada pada sepeda mereka.

Menurut penuturannya, dengan bersepeda santai dinilai mampu meningkatkan kegembiraan perasaan anak. Sehingga mereka dapat berpikir positif serta menjaga imunitas tubuh demi terhindar dari kebosanan dan penyakit. Tak lupa ia juga berikan edukasi terkait menjaga pola hidup sehat dengan olahraga bersepeda.

“Kami ajak anak gowes dengan sepeda yang mereka hias. Dari sini anak-anak terlihat senang karena bisa ikut bersepeda dengan kemeriahan hiasan yang ada di sepeda masing-masing. Serta dengan bersepeda kami edukasi supaya anak-anak bisa menjaga daya tahan tubuh,” imbuhnya.

Baca Juga :   Realisasi Pendapatan Kabupaten Pati 2020 Rp2,6 Triliun

Kegiatan memeriahkan HUT RI ke-76 itu diakhiri dengan doa bersama di sanggar komunitas. Anak-anak diminta mendoakan leluhur dan pahlawan yang telah gugur setelah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

“Anak-anak dapat mengerti tentang sejarah perjuangan pahlawan yang telah gugur. Sehingga mereka mengerti apa yang semestinya bisa diteladani dari acara tersebut,” ungkapnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul Meriahkan HUT RI Ke-76, Omah Dolanan Pati Gelar Sepeda Santai”

Komentar

News Feed