oleh

Dinkop Pati Ajak ASN Bantu Pelaku UMKM

Pati, SMJTimes.com – Lewat program “Ayo Jajan” oleh Dinas Koperasi dan UMKM, Pemerintah Kabupaten Pati mengajak aparatur sipil negara (ASN) untuk mendukung para pelaku usaha mikro kecil menengah bertahan di tengah dampak pandemi Covid-19.

Program ini juga menjadi rangkaian perayaan Hari UMKM Nasional 2021 yang secara seremonial diperingati pada tanggal 12 Agustus 2021 lalu.

Hendri Kristianto, Kepala Bidang UMKM Kantor Dinkop UMKM Kabupaten Pati mengatakan dalam program Ayo Jajan ini pihaknya melibatkan kurang lebih 130 pelaku usaha asli Pati.

Diterangkan bahwa program ini mengadopsi program dari pemerintah Jawa Tengah “Tebar Kebaikan”.

“Awalnya program dari Pak Gubernur yang dilaksanakan melalui Dinas Koperasi UMKM. Untuk membantu teman pelaku usaha mikro Jawa Tengah, Pak Ganjar buat program tebar kebaikan yang dikemas dalam program Ayo Jajan arahnya ke pelaku usaha mikro,” ujar Hendri saat ditemui di kantornya, Senin (16/8/2021).

Baca Juga :   Panitia Diimbau Jadikan Warga Isoman Prioritas Penerima Daging Kurban

Dalam melaksanakan program ini Dinkop UMKM telah melayangkan surat edaran kepada seluruh Organisasi perangkat Daerah (OPD), ditandatangani oleh Bupati Pati yang mana berisi mengajak para ASN untuk membeli produk UMKM khas warga Pati.

Dalam surat dilampiri oleh katalog prodak makanan beserta alamat dan kontak telepon pelaku usaha agar para pembeli bisa memesan secara langsung.

Dinas juga memfasilitasi UMKM bekerjasama dengan pengantaran melalui ojek online.

“Kita kerjasama dengan Grab agar bisa mempermudah pengiriman. Harapannya teman-teman dari ASN melebarkan dapat meneruskannya ke masyarakat umum,” imbuh Hendri.

Sayangnya, program ini hanya terbatas pada pelaku UMKM kategori makanan dan snack.

Namun, ke depan Dinkop UMKM berencana akan melengkapi katalog produk UMKM khas Pati termasuk buah dan produk kerajinan dalam bentuk online agar bisa diakses oleh banyak orang.

Baca Juga :   Selama PPKM Darurat hingga Level 3 Jumlah Pemakaman Covid-19 Menurun

“Akan kami perbanyak sebarkan baik dengan hard copy atau secara online,” tandansnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul Lewat Gerakan Ayo Jajan, Pemkab Ajak ASN Beli Produk UMKM Pati”

Komentar

News Feed