oleh

Keterlambatan Pengiriman, Stok Oksigen di RSUD Pati Menipis

Pati, SMJTimes.com – Stok oksigen di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Pati mulai menipis. Hal ini membuat beberapa direktur rumah sakit cemas lantaran di masa pendemi Covid-19 ini ketersediaan oksigen sangat diperlukan.

Direktur RSUD RAA Soewondo Pati, Edy Siswanto, mengungkapkan penipisan oksigen terjadi di tempat yang dipimpinnya lantaran asupan oksigen mengalami keterlambatan. Seharusnya, pihaknya mendapatkan oksigen pada hari Selasa (6/7/2021) pukul 4 pagi. Namun, oksigen baru diberikan pada Rabu (7/7/2021) siang.

“Oksigen ini memang masih butuh penyegaran lagi. Samator harusnya jam 4 pagi kemarin sudah mengisi. Tetapi jam 12 ini baru bisa mengisi,” ujar Edy, dalam Rapat Koordinasi di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (7/7/2021) kemarin.

Baca Juga :   Agar Dana KUR Tepat Sasaran, Pemkab Pati Perlu Melibatkan Diri

Selain itu, pendistribusian tabung gas juga mengalami keterlambatan. Pada pekan lalu, pihaknya membeli 70 tabung gas. Namun, dari 70 pesanan itu, hanya 50 yang telah berada di RSUD RAA Soewondo.

“Untuk tabung kita beli 50 tabung, dari PT Surya Gas itu 20. Tetapi dari PT Surya Gas agak terlambat jadi ada kekurangan 20 tabung,” ungkap Edy.

Hal yang sama juga dialami RSUD Kayen Pati. Rumah sakit yang juga milik Pemkab Pati ini kekurangan oksigen. Pihak RSUD Kayen sudah meminta pasokan oksigen sejak empat hari yang lalu. Namun hingga saat ini belum ada respons dari PT Samator.

Kelangkaan oksigen ini membuat rumah sakit di Kabupaten Pati menghemat oksigen. Mereka memberikan oksigen kepada pasien yang benar-benar membutuhkan.

Baca Juga :   Calonkan Diri Jadi Manajer Persipa, Ketua Patifosi Galang Dana

Bupati Pati, Haryanto mengamini menipisnya oksigen di sejumlah rumah sakit di wilayahnya. Haryanto mengaku setiap akhir pekan pihaknya dimintai bantuan oleh rumah sakit swasta yang ada di Kabupaten Pati.

“Rumah Sakit Sebening Kasih nelpon saya. Saya telpon Pak Ganjar. Kadang saya telpon Kepala Dinas Kesehatan-nya. Saya sampai telpon pihak Samator 10 kali,” ungkap Haryanto.

Ia pun meminta kepada rumah sakit milik Pemkab Pati untuk melaporkan kepadanya bila mengalami kekurangan oksigen. “Jangan ewuh-ewuh WA saya,” tandas Haryanto.  (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Stok Oksigen Sejumlah Rumah Sakit di Pati Mulai Menipis

Komentar

News Feed