oleh

Perhatikan 5 Pemicu Mata Berair

SMJTimes.com – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Untuk menjaga kesehatan mata memiliki air mata yang berperan menjaga permukaan depat mata tetap sehat dan menjaga penglihatan tetap jernih.

Salah satu gangguan kesehatan mata ialah mata berair atau yang dikenal dengan epifora. Mata berair bisa dipicu oleh beberapa sebab.

  1. Penyumbatan saluran air mata

Sebagian orang saat lahir memiliki saluran air mata yang belum berkembang. Bayi yang baru lahir biasanya memiliki mata yang selalu berair yang akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, saat saluran berkembang.

Mata berair juga bisa terjadi pada orang dewasa yang penyebab umumnya adalah saluran yang tersumbat atau saluran yang terlalu sempit. Saluran air mata yang menyempit biasanya disebabkan pembengkakan atau peradangan. Jika saluran air mata menyempit atau tersumbat, air mata tidak akan bisa mengalir dan akan menumpuk di kantung air mata.

  1. Alergi

Jutaan orang memiliki masalah alergi, tetapi banyak yang tidak sadar bagaimana alergi ini mempengaruhi mata. Paparan serbuk sari, bulu hewan, tungau, dan asap dapat menyebabkan mata menjadi merah, gatal, dan berair.

  1. Mata kering

Jika mata kering dan teriritasi, sistem kekebalan dapat merespons dengan membuat terlalu banyak air mata. Selain mata yang selalu berair, kamu mungkin juga mengalami mata perih, terbakar, kemerahan, dan masalah penglihatan. Jika gejalanya tidak hilang, kamu perlu berbicara dengan dokter.

Baca Juga :   7 Macam Jus Buah Berkhasiat Menurunkan Kadar Kolesterol

Komentar