oleh

CPNS 2021, 2.161 Formasi Tersedia di Pati

Pati, SMJTimes.com – Pada tahun 2021 Kabupaten Pati membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sejumlah 2.161 formasi. Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Formasi dan Jabatan pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Pati, Rizki Hermanu saat dihubungi.

Rizki menuturkan, bahwa data tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 834 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2021. Bahwa kebutuhan ASN di Kabupaten Pati sejumlah 2.161 formasi.

Dengan perincian, CPNS meliputi tenaga kesehatan sebanyak 146 formasi dan tenaga teknis sebanyak 55 formasi. Sedangkan PPPK meliputi guru sejumlah 1.762 formasi, tenaga kesehatan sejumlah 167 formasi dan tenaga teknis sebanyak 31 formasi.

Baca Juga :   Bioskop Pati Mulai Beroperasi, Masih Sepi Pengunjung

“Untuk CPNS paling banyak pada Dinas Kesehatan, 146 formasi. Untuk PPPK Paling Banyak pada Dinas Pendididkan dan Kebudayaan sebanyak 1.762 formasi,” imbuhnya.

Ia mengatakan, bahwa pendaftaran dan verifikasi CPNS 2021 akan dilakukan melalui SSCN (Sistem Seleksi CPNS) dan ujian seleksi nya akan menggunakan CAT BKN. Sedangkan, pendaftaran dan verifikasi PPPK Guru 2021 akan dilakukan melalui SSPPPK (Sistem Seleksi PPPK), dan Ujian Seleksinya direncanakan dengan menggunakan UNBK Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

“Khusus untuk Seleksi PPPK Guru, dokumen persyaratan pendaftaran akan dipersiapkan oleh Kemendikbud. Pemerintah daerah cukup mengumumkan formasi PPPK Guru. Kemudian, seleksi verifikasi administrasi akan dilakukan oleh Kemendikbud. Biaya pelaksanaan seleksi dengan CBT Kemendikbud akan ditanggung oleh Kemendikbud. Dan pemberkasan NIP PPPK di BKN oleh Pemerintah Daerah (PPK),” imbuhnya.

Baca Juga :   Tak Pentas di Masa Pandemi, Picu Kerusakan Rumah Tangga Seniman Pati

Sehubungan dengan dibukanya Rekrutmen CPNS dan PPPK Pemerintah Kabupaten Pati Tahun 2021, dan banyaknya aksi penipuan dengan modus menawarkan Kelulusan dan kemudahan dalam seleksi CPNS dan PPPK, maka pihaknya memberikan keterangan bahwa pihaknya tidak pernah meminta uang atau hadiah kepada para Calon Peserta Seleksi CASN (CPNS dan PPPK) untuk bisa diluluskan dalam Rekrutmen CPNS dan PPPK.

Ia pun mengimbau peserta agar tidak mudah percaya apabila ada oknum yang mengatasnamakan Kepala BKPP Kabupaten Pati ataupun Pejabat lainnya yang menawarkan kemudahan dalam rekrutmen CPNS dan PPPK.

“Segera melapor ke BKPP Kabupaten Pati, apabila mendapatkan telepon atau pesan melalui SMS atau media sosial yang mengarah kepada upaya penipuan,” tandasnya. (*)

Baca Juga :   Pemenuhan Kekurangan Guru di Pati, Dewan Harap Lewat CPNS

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Pati Buka 2.161 Formasi CPNS dan PPPK”

Komentar

News Feed