oleh

15 Ribu UMKM Pati Diajukan Peroleh BPUM

Pati, SMJTimes.com – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati mengusulkan sekitar 15.000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid UMKM, Hendry Kristyanto saat ditemui di kantornya, belum lama ini. Kris menuturkan, bahwa data pendaftar BPUM yang masuk dilinknya sebanyak 16.000 lebih.

Namun, setelah diseleksi hanya tersisa sekitar 15.000 pendaftar yang kemudian diusulkan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi. Selanjutnya, data tersebut segera dikirimkan ke pusat.

“Sekitar 1000 lebih yang tidak dinaikkan, karena data rusak. Contohnya kami singkirkan itu satu orang daftar sampai lima kali. Kan diambil satu. Terus nomor nik yang sampai 20 digit, kan itu kebanyakan,” paparnya.

Baca Juga :   Sederet Persoalan Pencairan Bansos UMKM

Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang terdapat banyak pengusul BPUM. Untuk tahun ini pengusul BPUM hanya satu pintu di Dinas Koperasi dan UMKM. Menurutnya ini akan mempermudah pendataan untuk ke depannya.

Dalam pengusulannya, pihaknya membagi lima tahap. Dibagi diantara tanggal 12 sampai 22 April 2021. Alhasil, pihaknya mengusulkan data ke provinsi setiap dua hari sekali.

“Kami diantara tanggal 12 sampai 22 itu kami mengusulkan sebanyak lima tahap. Karena modelnya setelah setiap hari kita masuk link kita ambil kita lihat kita verifikasi. Kalau ada data yang nggak bener kita singkirkan,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan karena kuota penerima yang dibatasi, sehingga setiap dinas di kabupaten/kota diminta untuk sesegera mungkin mengirimkan datanya. Namun, batas kuotanya berapa ia tidak bisa menyebutkan.

Baca Juga :   Kuliner Khas Pati Ini Bisa Jadi Pelipur Rindu Bagi Warga Pati yang Baru Pulang Mudik

“Kita istilahnya cepet-cepetan, karena kuota itu memang terbatas. Tapi kami belum tau pasti (batas kuota), tapi memang ada batasan kuota di sana. Maka kami diinformasikan dinas koperasi Jateng kalau sudah terkumpul harus segera dikirim, jangan diendapkan di bawah,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini telah masuk pada tahap verifikasi di pusat. Dan kemungkinan sebentar lagi akan ada pemberitahuan untuk pencairan. Ia pun berharap semua yang diusulkan dapat lolos dan menerima bantuan tersebut.

“Harapan kami lolos semuanya. Karena yang namanya kami mendaftarkan, ya harapannya lolos semua. Tapi di kementrian di seleksi lagi. Mudah-mudahan lolos semua,” harapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Pati Usulkan 15.000 UMKM Terima Bantuan

Komentar

News Feed