oleh

BPP Pati Optimis Kualitas Padi Panen MT-2 Lebih Baik

Pati, SMJTimes.com – Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pati, Tarjono memprediksi akhir Bulan Mei hingga awal Bulan Juni 2021, para petani padi di Kecamatan Pati sudah memasuki masa panen.

Harapannya, hasil panen di musim tanam MT-2 tahun ini harganya bagus, sebagai pengobat gagal panen akibat banjir yang menenggelamkan padi di musim tanam pertama (MT-1) Februari lalu.

Selain itu, BPP Pati juga optimis bahwa panen padi tahun ini akan mendapatkan kualitas gabah yang lebih baik dari pada MT-2 tahun lalu.

Hal ini, ditandai dengan tanaman menurunnya gangguan hama dan kecukupan pasokan air, namun petani tetap diimbau untuk tetap mewaspadai hujan disertai angin kencang yang masih kerap ada bulan ini.

Baca Juga :   Komoditas Tembakau Menurun Tahun Ini

Tarjono mengatakan panen padi pada Mei akhir mendatang akan terjadi di Desa Puri dan Ngepungrojo. Ia menjelaskan luas panen padi Kecamatan Pati diperkirakan mencapau 15-17 hektare.

“Puri dan Ngepung mulai tanam Februari, panennya Mei minggu 4 sampai awal Juni tahun ini. Luasannya 15 hingga 17 hektare dengan varietas padi Inpari 32,” ungkap Tarjono.

Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Pati telah lakukan pemantauan sejak awal musim tanam. Data panen ini selanjutnya akan diinput dalam aplikasi e-Panen, agar hasil panen di Pati dapat diketahui oleh pemerintah daerah hingga pusat.

Selanjutnya, melalui aplikasi e-Panen tersebut Bupati dan Gubernur dapat intervensi terkait harga gabah, agar harganya tidak anjlok pada panen raya.

Baca Juga :   Perda RTRW Diharapkan Bisa Menyasar Semua Lapisan Masyarakat

Berdasarkan data Dinas Pertanian melalui website infoharga.agrojowo.biz harga gabah kering panen saat ini berada dikisaran Rp4.300, sementara gabah kering giling di harga Rp5.000. Diharapkan harga ini bertahan hingga musim panen MT-2 nanti.

Perlu diketahui, karena menganut sistem pengairan irigasi dalam setahun Kecamatan Pati bisa melakukan tanam padi hingga 3 kali musim tanam. Meski jarang, selain bertani padi, pada musim kemarau di MT-3 para petani biasanya beralih menanam jagung dan hortikultura.(*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Panen Padi di Pati Kota Diprediksi pada Akhir Mei

 

Komentar

News Feed