oleh

BPP Gembang Inovasi Podcast Pertanian Demi Gaet Petani Milenial

Pati, SMJTimes.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati melalui Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Gembong inisiasi podcast pertanian.

Penyuluhan pertanian melalui media digital ini bertujuan menyiarkan materi pertanian dengan cara yang lebih modern, agar materi pertanian mudah diterima oleh kaum milenial.

“Sebagai tindak lanjut ada Pelatihan di BPP Lampung penyegaran IPDMIP Materinya ada podcast. Sebagai salah satu alternatif penyampaian materi media penyuluhan salah satunya ya melalui podcast itu,” kata Rokhmi Ifada, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, Rabu (28/4/2021).

Secara teknis, Ifa mengatakan suara rekaman materi tani di proses melalui situs anchore.fm dan secara otomatis terintergrasi dengan Spotify.

Baca Juga :   Menyongsong HUT ke-20, DPC Partai Demokrat Pati Gelar Bakti Sosial

“Nah setelahnya kita share ke grup kelompok tani atau ke teman penyuluhan di WA dan medsos jadi banyak yang dengar, jangkauannya luas,” imbuh Ifa.

Hingga kini BPP Kecamatan Gembong telah memproduksi dua episode podcast, dengan materi pengenalan BPP dan sosialisasi materi sekolah lapang, cara tanam padi jajar legowo.

Rencananya dalam seminggu BPP Gembong akan memproduksi 1 episode podcast dengan materi-materi dari program sekolah lapang.

“Kami berharap melalui podcast ini dari kita sendiri (BPP Gembong) akan semakin berkembang. Semoga saja pendengarnya lebih banyak agar share informasinya kan lebih luas,” harap Ifa.

Perlu diketahui, podcast pertanian ini merupakan program dari Sekolah Lapang (SL) Integrated Participatory Development Management of Irrigation Project (IPDMIP). Program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mensejahterakan petani di wilayah irigasi.

Baca Juga :   Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Pati Capai 42 Persen

Selain Gembong, podcast pertanian juga dilaksanakan di berbagai BPP se-Kabupaten Pati. Sebelum podcast, Dispertan Pati juga diketahui pernah melakukan siaran serupa melalui perangkat radio. Kendati radio saat ini kurang populer, penyampaian materi dialihkan ke media sosial yang lebih mainstream. (*)

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Sasar Petani Milenial, Dispertan Pati Canangkan Podcast Pertanian

Komentar

News Feed