oleh

Perda RTRW Resmi Disahkan, Siap Disosialisasikan ke Masyarakat

Pati, SMJTimes.com Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah mengevaluasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Pati Nomor 5 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)  Kabupaten Pati Tahun 2010-2030.

Evaluasi ini selanjutnya disampaikan oleh Bupati Pati dalam rapat paripurna Penyampaian Hasil Evaluasi Raperda RTRW di Gedung DPRD Pati, hari ini (30/3).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan Raperda ini telah disahkan menjadi Perda, dan dalam waktu dekat pihak Pemkab Pati akan sosialisasikan Perda RTRW yang baru ke masyarakat.

“Paripurna ini membahas terkait evaluasi Gubernur Jawa Tengah tentang penyempurnaan Raperda perubahan RTRW tahun 2010-2030. Raperda ini sudah selesai, tinggal Pak Bupati menyampaikan kepada semua masyarakat,” kata Ali Badrudin, Ketua DPRD Kabupaten Pati saat diwawancarai awak media seusai sidang paripurna, Selasa (30/3/2021).

Baca Juga :   Imbau Petani Ikut AUTP, Dewan: Dispertan Perlu Sosialisasi Intensif

Sebelum dievaluasi Gubernur Jawa Tengah, Raperda tentang perubahan perda RTRW ini telah melewati berbagai tahap, diantaranya pembahasan, penelitian khusus, hingga puncaknya dipaparkan oleh Eksekutif dan legislatif Pati kepada Kementerian Agraria.

“Kemudian kami (DPRD), Bupati, Bappeda Sekda, Ketua Pansus, Ketua DPRD diundang ke Kementerian Agraria dan lintas sektor. Yang kita disuruh memparkan perubahan Perda No 5 2011 tentang RTRW,” kata Angota Dewan dan Politisi dari Partai PDI itu.

Dalam evaluasinya Gubernur Jawa tengah memberikan 15 poin catatan mengenai penyempurnaan redaksi dan konten pada Pasal-pasal di Raperda RTRW.

Dalam rapat ini Bupati Pati mewakili Perangkat Daerah teknis dan Pansus yang ditunjuk DPRD Pati menyatakan telah menyempurnakan Raperda RTRW sesuai peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :   Perda RTRW Juga Berikan Jaminan Hukum Kepada Masyarakat

Setelah disampaikan dalam rapat paripurna ini, Raperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabuparen Pati tahun 2010-2030 resmi Diperdakan.(Adv)

Komentar

News Feed