oleh

Catatan Investasi DPMPTSP Pati

Pati, SMJTimes.com – Meskipun ada pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19 pada tahun 2020, investasi di Kabupaten Pati masih tinggi. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati mencatat investasi di Bumi Mina Tani pada tahun 2020 lalu mencapai Rp3,5 triliun.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Pati Sugiyono mengungkapkan tingginya nilai investasi tersebut lantaran adanya UMKM yang berbondong-bondong melakukan pendaftaran pada pada tahun 2020.

“Kita ditopang UMKM, jumlah UMKM yang terdaftar di kami ada 10 ribu lebih. Kami hanya pelayanan pendaftaran UMKM lewat OSS cepat itu,” tutur Sugiyono di kantornya, Senin (29/3/2021) lalu.

“Tahun 2020 lalu nilai investasi di Pati sebesar Rp3,5 triliun. Dari industri menengah ada, industri rumah tangga ada, tapi yang paling banyak itu usaha mikro 10 ribu sekian itu,” lanjut Sugiyono.

Baca Juga :   Keluh Bupati Pati: Disuruh Gencarkan Vaksinasi, Tapi Vaksin Kosong

Ia mengungkapkan pada tahun 2020 lalu terdapat 10.172 usaha atau perdagangan mikro yang melakukan perizinan atau pendaftaran, lalu usaha mikro kecil sebanyak 391, usaha menengah itu ada 186 dan ada 7 badan usaha besar yang melakukan perizinan atau pendaftaran di sistem OSS.

Ia menjelaskan, UMKM dan badan usaha yang berskala besar dibedakan dengan nilai investasi atau permodalan. Untuk usaha yang bermodalkan Rp50 juta ke bawah dikategorikan sebagai usaha mikro.

Komentar