oleh

Baik Untuk Anak, Ini Manfaat Buah Pir

SMJTimes.com – Di balik rasanya yang manis dan lezat, ada beragam manfaat buah pir untuk kesehatan anak. Manfaat tersebut adalah berkat kandungan nutrisi di dalamnya.  Buah pir mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Buah yang berbentuk lonceng ini kaya akan serat, air, dan antioksidan, namun rendah kalori.

Buah pir juga mengandung beragam vitamin dan mineral, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, magnesium, kalium, tembaga, dan kalsium. Dilansir dari alodokter.com, karena kandungan nutrisinya cukup lengkap, wajar saja bila buah ini dapat memberikan manfaat luar biasa untuk anak, di antaranya adalah:

  1. Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, serta beragam mineral pada buah pir memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Manfaat ini sangat penting bagi Anak, khususnya di tengah pandemi COVID-19  seperti sekarang.

Baca Juga :   Sering Mengenakan Lensa Kontak? Berikut Cara Merawatnya

Selain itu, kandungan antioksidan pada buah pir juga memiliki khasiat untuk mampu mencegah dan meringankan peradangan. Dengan manfaat tersebut, tubuh anak bisa jadi lebih fit dan tidak mudah jatuh sakit.

  1. Menjaga kesehatan saluran cerna

Buah pir merupakan sumber serat yang sangat baik untuk pencernaan anak. Buah ini mengandung serat dan air yang dapat merangsang gerakan usus dan melunakkan tinja, sehingga pencernaan anak akan lebih lancar.

Dengan memberikan anak asupan serat yang cukup, baik dari buah pir atau sayur dan buah lainnya, ia bisa terhindar dari sembelit. Karena kandungan serat lebih tinggi pada bagian kulit buah pir, sajikanlah buah ini tanpa dikupas. Dengan begitu, manfaat buah pir untuk kesehatan anak akan lebih maksimal.

  1. Mengontrol kenaikan berat badan

Selain baik untuk pencernaan anak, kandungan serat dan air dalam buah pir bisa membuat anak merasa kenyang lebih lama. Manfaat buah pir ini dapat mengurangi keinginan anak untuk makan camilan yang tidak sehat, seperti kripik, permen, es krim, atau biskuit, sehingga ia bisa terhindar dari obesitas.

  1. Menjaga kesehatan saraf dan otot

Dalam 100 gram buah pir, terdapat sekitar 120 mg kalium. Mineral ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan serta fungsi sistem saraf dan otot. Selain itu, kalium juga memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil serta memperkuat tulang dan gigi.

  1. Mencegah dan mengatasi dehidrasi

Buah pir merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang tinggi. Selain itu, buah ini juga banyak mengandung elektrolit, seperti kalium, magnesium, dan natrium. Dengan cukupnya asupan cairan dan elektrolit, anak akan terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga :   Nike Invented Self-Lacing Sneakers Because the Future Is Now

Selain memberikan anak buah pir atau buah lain yang banyak mengandung air, juga perlu memberikannya ASI, susu, atau air putih yang cukup agar kebutuhan cairannya terpenuhi.

Selain berbagai manfaat di atas, buah pir juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan kulit anak. Itulah segudang manfaat buah pir untuk kesehatan anak yang perlu diketahui. Namun, pastikan selalu mencuci bersih buah pir sebelum menyajikannya kepada anak.

Walau buah pir memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anak, tetap perlu memvariasikan menu makanan anak dengan beragam makanan sehat lainnya.(*)

Baca juga:

Baca Juga :   Jaga Kesehatan Mata, Konsumsi Makanan Berikut

Komentar