Jarang Olahraga, Terserang Nyeri Otot? Berikut Tips Meredakannya

SMJTimes.com – Setelah berolahraga terkadang membuat merasakan nyeri otot, hal ini adalah wajar. Meski tak berbahaya, hal ini menimbulkan kekhawatiran adanya cedera serius.

Nyeri otot setelah olahraga biasanya dialami oleh orang yang berolahraga setelah beberapa waktu tidak melakukannya, baru saja meningkatkan intensitas olahraga, atau mencoba jenis olahraga baru.

Nyeri otot ini biasanya muncul dalam waktu 24-48 jam setelah berolahraga dengan intensitas yang cukup tinggi, sepertiĀ jogging, aerobik atau angkat beban.

Kondisi ini bisa menyebabkan keluhan nyeri ototĀ ringan hingga berat, kaku otot, pegal-pegal, sedikit pembengkakan pada otot, dan berkurangnya kekuatan otot untuk sementara waktu. Jika otot diistirahatkan, keluhan nyeri dan kaku tersebut biasanya akan lebih cepat membaik.

Baca Juga :   Doa Terhindar dari Kemalasan yang Bisa Diamalkan Setiap Pagi

Orang yang jarang melakukan pemanasan atau tidak melakukan pemanasan dengan baik sebelum berolahraga memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami otot nyeri

Tips untuk Meringankan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Dikutip dari alodokter.com, saat otot nyeri terjadi terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan keluhan ini, yaitu dengan:

  1. Pemijatan lembut

Pijatan ringan dan lembut di bagian tubuh yang nyeri terbukti dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang saraf, sehingga mengurangi rasa sakit dan pembengkakan otot.

  1. Kompres dingin atau hangat

Jika nyeri baru muncul dan terdapat sedikit pembengkakan pada otot, kamu bisa mengompresnya dengan kompres dingin selama 10-15 menit. Caranya, bungkus es batu dengan kain atau handuk, lalu tempelkan pada otot yang nyeri dan bengkak.

Komentar