oleh

Perbaiki Habitat Ikan, Dinlutkan Rembang Tanam Rumpon

Rembang, SMJTimes.com – Dinas Kelautan dan Perikanan Rembang bersama dengan sejumlah elemen masyarakat menanam rumpon atau rumah ikan di tiga titik pantai Gedong Mulyo, Lasem Rembang.

Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan Rembang, Herry Martono mengatakan penanaman rumpon tersebut sebagai langkah untuk menarik kembali sumber daya ikan yang ada di sekitar laut Gedong Mulyo.

“Rumpon atau rumah ikan untuk membuat sumber daya ikan kembali baik. Ada di desa Gedong Mulyo yang terpilih sebagai pilot projek konservasi rajungan yang di dampingi oleh APRI (Asosiasi Pengolahan Rajungan Indonesia) yang berjalan hampir 2 tahun ini,” jelas Herry saat ditemui di kantor dinasnya, Selasa (9/3/2021) siang ini.

Baca Juga :   Pembongkaran Pertokoan di Alun-Alun Lasem Ditargetkan Rampung Sebelum Iduladha

31. Perbaiki Habitat Ikan Dinlutkan Rembang Tanam Rumpon 1

Pembuatan rumpon juga menjadi bentuk pelestarian habitat rajungan maupun ikan. Sebab banyak nelayan di Rembang menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.

“Dibuat oleh kelompok gabungan masyarakat Gedong Mulyo, untuk kelestarian ikan di laut. Karena maraknya penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Maka dari itu, inisiasi dari warga Gedong Mulyo dapat ditiru desa-desa lain, supaya bisa merawat ekosistem di laut dengan membuat rumpon ikan,” imbuhnya.

Pembuatan rumpon harus dilakukan pengurusan perizinan ke pihak provinsi, sehingga membuat pro dan kontra para nelayan.

“Ada tiga titik atau empat titik. Untuk lokasi sudah ada plotingnya arah konservasi. Nanti akan dibuatkan izin di provinsi karena nanti penanaman alat tangkap, rumpon dan sebagainya harus pakai izin. Nanti akan dikeluarkan, dibantu pihak provinsi.”

Baca Juga :   Sebagian Pegawai WFH, Dindukcapil Rembang Kurangi Jam Operasional Layanan

Penanaman rumpon juga akan dievaluasi mengingat bahan baku yang digunakan hanya menggunakan pohon bambu dan ditambah pemberat. Selain itu arus dalam laut yang cukup kencang akan menjadi kendala tersendiri.

“Apakah nanti efektif, nanti akan kita evaluasi lagi. Melihat perairan di Rembang kan arusnya gede. Ini nanti akan mengambang lagi atau bagaimana, nanti kita akan evaluasi dengan tim teknisnya. Kemarin-kemarin sempat hancur baratan. Ini ditarik lagi ke muara sungai Gedung Mulyo yang nanti akan didaftarkan luas laut antara perbatasan Dasun dan Gedong Mulyo.”

Penanaman rumpon juga diharapkan dapat membantu para nelayan agar tidak berlayar lebih jauh, sehingga dapat mengurangi biaya operasional yang dikeluarkan oleh nelayan. (adv)

Baca Juga :   Buka Dapur Umum, GBI Rembang Bagikan Takjil Gratis

Komentar

News Feed