Sektor Pertanian Bisa Minimalisir Lonjakan Pengangguran di Pati

Pati, SMJTimes.com – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso optimis jika sektor pertanian bisa menjadi penopang bagi penduduk yang kehilangan pekerjaan karena dampak pandemi Covid-19. Hal itu menyusul Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati mengonfirmasi serapan panen di berbagai sektor pertanian selama pandemi Covid-19 cenderung stabil dan malah mengalami lonjakan.

Data dari Dispertan Pati pada bulan Juli 2020 lalu, di mana seluruh sektor terpukul oleh pandemi, produksi gabah di Pati capaiannya malah meningkat dibandingkan tahun 2019. Apabila di sepanjang tahun 2019 produksi gabah mencapai 574.097 ton, di tahun 2020 bertambah menjadi 619.8187 ton. Kenaikan tersebut sangat signifikan untuk mencukupi kebutuhan pangan di Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Angka Pengangguran Pati Meningkat, Dewan: Pemkab Perlu Gelar Pelatihan

Berkaca dari fakta inilah Anggota DPRD yang juga Politisi senior di Partai Keadilan Sejahtera itu menyarankan pemerintah agar menggenjot sektor pertanian, peternakan, dan perikanan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran. Hal itu tentu akan memberikan angin segar bagi masyarakat.

Komentar