oleh

Sederet Perusahaan Mainan Bakal Rancang Produk Ramah Lingkungan

SMJTimes.com – Pandemi Covid-19 membawa berkah bagi para pelaku usaha pencipta mainan. Pasalnya, di masa pandemi saat inimuncul lonjakan permintaan mainan yang semakin tinggi. Terlebih menyambut masa liburan yang diprediksi dapat meningkatkan permintaan permainan.

Saat ini, perusahaan mainan tengah mengupayakan produk yang ramah lingkungan. Selama ini, plastic yang menjadi andalan sebagai bahan baku pembuatan mainan akan segera ditanggalkan.

Baca juga: Eksplorasi Ruang Angkasa, NASA Bakal Buka Markas di Bulan

Maka dari itu perusahaan mainan harus menemukan alternatif pengganti plastik mengatasi perubahan iklim. Baik produksi dan pembuangan plastik memiliki efek yang menghancurkan dunia, dari emisi gas rumah kaca yang memicu perubahan iklim hingga menyumbat saluran air dan terakumulasi di lautan.

Mengutip detikFinace, Selasa (27/10/2020) berikut ini beberapa perusahaan mainan yang akan segera meminimalisir penggunaan plastik pada produknya.

Baca juga: Eksplorasi Ruang Angkasa, NASA Bakal Buka Markas di Bulan

Uno

Uno mengumumkan telah memproduksi kartu yang 100% dapat didaur ulang. Perusahaan mengatakan tidak lagi menggunakan plastik pada kemasannya. Uno berencana untuk mengeluarkan plastik pada produk kartunya pada 2021.

Lego

Lego berencana menggunakan kertas daur ulang untuk kemasannya daripada plastik sekali pakai. Perusahaan mengatakan pada 2025, semua kemasan Lego akan dibuat dari bahan yang dapat didaur ulang.

Namun Lego masih memiliki masalah plastik yang besar. Blok Lego sendiri, yang mengalami lonjakan penjualan selama pandemi, membutuhkan 90.000 metrik ton plastik per tahun untuk membuatnya.

Baca juga: Tak Lagi Gratis, WhatsApp Business Bakal Berbayar

Perusahaan terus mengupayakan untuk mengembangkan alternatif plastik berbasis minyak bumi yang dapat digunakan di blok-bloknya. Beberapa kemajuan telah dibuat, tetapi sebagian besar bagian masih dibuat dengan plastik.

Little Tikes

Pembuat mainan skuter, ayunan, dan playhouse, telah merilis mainan baru yang terbuat dari plastik daur ulang dan dikemas dalam bahan daur ulang. Jika mainan Little Tikes yang Anda miliki tidak bisa dipakai lagi, Anda dapat memasukkannya ke dalam tempat sampah daur ulang.

Baca juga:Eksplorasi Ruang Angkasa, NASA Bakal Buka Markas di Bulan

Little Tikes juga mengatakan telah menambahkan lini baru mainan bayi Wooden Critters yang menggunakan kayu dan bahan alami.

Rock a Stack

Rock a Stacks bisa dibilang identik dengan sampah plastik. Mainan produknya dikenal dengan cincin plastik berwarna-warni, ditumpuk menurut ukuran dan warna pada tiang pendek.

Mainan tersebut nantinya dibuat dari plastik berbahan dasar tebu dan dikemas dalam 100% bahan daur ulang atau bersumber secara berkelanjutan pada akhir tahun 2020.

Baca juga: 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *