Pembangunan Infrastruktur Pertama Pemindahan Ibu Kota Dianggarkan 865 Miliar

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menyatakan lokasi ibu kota baru terletak di Kalimantan Timur. Tepatnya di Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sebelumnya rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia sudah bergaung sejak lama namun baru pada pemerintahan Jokowi ini terealisasi. Pengumuman lokasi ibu kota baru telah disiarkan di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (26/8).

Pemindahan ibu kota ke Pulau Kalimantan dilakukan dalam konteks pemerataan. Hal ini melihat beban di pulau Jawa yang semakin padat serta pusat kegiatan ekonomi yang secara umum berpusat di Jakarta dan Pulau Jawa membuat ketimpangan dengan pulau-pulau di luar Jawa.

Oleh sebab itu, pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi baru sekaligus memacu pemerataan dan keadilan ekonomi di luar Jawa.

Baca Juga :   Jenggot Limbad Terbakar Saat Lakukan Aksi Sembur Api

Namun, pemindahan ibu kota negara ini tidak lantas mematikan Jakarta sebagai pusat ekonomi akan tetapi dalam proses ini Jakarta dirancang menjadi kota bisnis berskala ASEAN sebagaimana di negara-negara tetangga seperti Singapura dan Thailand.

Komentar