Manfaat Bermain Puzzle Bagi Anak, Kembangkan Kemampuan Berpikir dan Motorik

SMJTimes.com – Sebagai orang tua, tentu Anda ingin memanjakan anak-anak dengan berbagai macam mainan. Meski demikian, sebenarnya ada beberapa jenis mainan yang direkomendasikan untuk mendukung perkembangan anak. Salah satunya mainan yang bisa diberikan adalah permainan puzzle.

Puzzle sendiri merupakan permainan teka-teki dengan cara menyusun potongan-potongan secara logis. Menurut sejumlah ahli, jenis permainan ini tak hanya menyenangkan, namun juga bermanfaat untuk perkembangan otak atau kecerdasan anak.

Kapan harus mengenalkan puzzle?

Puzzle akan menantang anak-anak untuk mencoba berbagai pilihan untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi. Menurutnya, permainan ini bisa diperkenalkan pada anak sekitar usia 20 bulan ke atas mulai dari 2 buah potongan di atas permukaan datar. Kemudian, potongan tersebut bisa ditambahkan seiring bertambahnya usia.

Baca Juga :   Tips Mencegah Kecoa Masuk Rumah

Anda juga bisa memberikan permainan tersebut saat anak sudah bisa menggenggam benda, mencubit, serta mengambil benda dengan ibu jari dan telunjuk. Selain itu, orang tua perlu memperlihatkan cara memecahkan teka-teki agar mereka mengamati dan mengulangi.

Apa manfaat puzzle bagi anak?

Puzzle tak hanya menyenangkan, namun juga memiliki sejumlah manfaat. Setiap potongan puzzle dirancang agar cocok di tempat tertentu. Anak akan mencoba setiap bagian untuk menemukan tempat yang cocok, yang mana hal tersebut akan membangun keterampilan dalam pemecahan masalah dan mengembangkan berpikir secara kritis.

Komentar