Sejumlah Langkah Perlu Dilakukan Pemkab untuk Kurangi Jumlah Penduduk Miskin di Pati

Pati, SMJTimes.com – Sejumlah langkah dan upaya perlu diterapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Pati untuk mengurangi jumlah penduduk miskin.

Hal itu karena berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati, jumlah penduduk miskin di Bumi Mina Tani masih di angka ratusan ribu jiwa.

Pada tahun 2021, jumlah penduduk miskin di Pati berjumlah 128.700 jiwa. Kemudian ada sedikit penurunan di tahun 2022 menjadi 118.000 jiwa. Namun kemudian kembali naik di tahun 2023 menjadi 118.200 jiwa.

Salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M Nur Sukarno berpendapat jika salah satu upaya yang bisa dilakukan Pemkab Pati adalah dengan melakukan pendampingan atau pengawalan kepada desa dengan penduduk miskin terbanyak di Pati.

Baca Juga :   DPRD Pati Setuju Adanya Penindakan Kios yang Jual Pupuk Subsidi di Atas HET

“Pemkab Pati memiliki tanggung jawab dan tugas untuk menurunkan jumlah penduduk miskin,” ujar Komisi B DPRD Kabupaten Pati tersebut.

Pihaknya sendiri selaku legislatif dapat membantu dengan menyiapkan anggaran yang memadai untuk berbagai program Pemkab terkait upaya penurunan jumlah penduduk miskin.

Komentar