Pentingnya Bersyukur dalam Hidup, Ditinjau dari Sisi Psikologi

SMJTimes.com – Salah satu cara untuk hidup sehat dan bahagia adalah menerapkan ras syukur. Rasa syukur dapat mengubah perspektif Anda dalam memandang kehidupan dan dunia. Perasaan ini juga lebih dari sekadar berterima kasih atas kelimpahan harta, namun juga menemukan hal positif di tengah keadaan yang sulit.

Meski begitu, Anda mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana menemukan hal positif di tengah kehidupan yang terlihat suram. Berikut kami rangkum pentingnya bersyukur dan bagaimana cara menemukan hal-hal kecil yang patut disyukuri.

Pentingnya bersyukur

Rasa syukur adalah emosi yang mirip dengan penghargaan. American Psychological Association mendefinisikan perasaan ini sebagai rasa bahagia terhadap suatu kejadian beruntung atau pemberian hadiah.

Baca Juga :   Dampak Bullying bagi Mental

Rasa syukur berkaitan dengan psikologi positif. Psikologi positif sendiri konstruksinya mencakup optimisme, harapan, dan rasa syukur (Iodice et al., 2021). Robert Emmons yang meneliti psikologi positif tentang pentingnya rasa syukur menunjukkan bahwa semakin bersyukur seseorang akan meningkatkan tingkat kesejahteraan dan kesehatan fisik.

Komentar