Bagi Pemula, Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Naik Gunung?

SMJTimes.com – Naik gunung bisa menjadi hobi yang seru karen menantang dan memacu adrenalin. Naik gunung bersama orang lain juga disebut bisa meningkatkan ikatan, serta membangun team work yang baik antar rekan dan sesama manusia lainnya.

Meski mengasyikan, namun bagi pendaki pemula perlu beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki gunung. Dibutuhkan serangkaian persiapan, mulai dari rencana matang hingga kelengkapan peralatan yang dibutuhkan. Persiapan tersebut ditujukan agar proses pendakian berjalan aman dan lancar.

Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan bagi pendaki pemula

Fisik dan stamina yang kuat

Mendaki gunung bisa menjadi aktivitas yang melelahkan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kondisi dan stamina yang kuat sebelum berangkat ke lokasi pendakian. Untuk meningkatkan kesehatan dan stamina, Anda bisa melakukan latihan tubuh, seperti olahraga yang teratur, kardio, dan konsumsi makanan-makanan yang sehat. Tak hanya sebelum berangkat, Anda juga perlu membawa bekal yang cukup dan bergizi agar tidak loyo saat pendakian.

Baca Juga :   Tips Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga

Metal yang kuat

Selain fisik, Anda juga perlu menyiapkan mental Anda. Latihan pernapasan dibutuhkan untuk membantu Anda tetap tenang dalam menghadapi setiap rintangan saat mendaki gunung. Seperti yang diketahui, medan di gunung terjal dan tak terduga, sehingga persiapkan mental Anda untuk menghadapinya.

Pakaian yang sesuai

Persiapan lainnya adalah menentukan pakaian yang nyaman untuk mendaki, seperti memilih sepatu untuk mendaki demi kenyamanan dan keselamatan. Selain sepatu, kaos kaki sebaiknya menggunakan bahan yang menyerap keringat. Persiapkan pula padding, topi, jaket tebal dan celana yang nyaman untuk melakukan pendakian.

Makanan dan air

Persiapan yang tidak boleh dilupakan adalah bekal makanan dan minuman. Bekal yang cukup dan bergizi akan membantu data tahan tubuh tetap terjaga. Oleh sebab itu, sebelum berangkat, dianjurkan untuk menyetok makanan kering, buah-buahan dan kacang. Persiapkan air sekitar 3-5 liter untuk memenuhi kecukupan cairan Anda.

Baca Juga :   Survei Ungkap Kenapa Milenial dan Gen-Z Menunda Pernikahan

Perlengkapan mendaki

Anda juga perlu membekali diri dengan perlengkapan pendakian termasuk tenda anti air, senter, perlengkapan memasak, perlengkapan tidur dan sebagainya. Siapkan perlengkapan yang krusial saja untuk bertahan hidup. Terlalu banyak beban juga tidak dianjurkan.

Menentukan lokasi

Persiapan mendaki gunung bagi pemula yang sangat penting adalah menentukan lokasi dan level pendakian. Bagi pemula, hindarilah jalur pendakian yang sulit. Anda juga bisa bertanya jalur pendakian yang cocok dengan bertanya atau membaca review dari orang lain.

Cek perkiraan cuaca dan status gunung

Sebelum mendaki gunung, Anda dan teman-teman Anda harus mengecek terlebih dahulu bagaimana prakiraan cuaca selama pendakian. Jika cuaca diperkirakan kurang cocok untuk melakukan pendakian, lebih baik undur jadwal untuk menghindari risiko. Selain itu, selalu pantau status gunung yang akan didaki. (*)

Baca Juga :   Doa Terhindar dari Kemalasan yang Bisa Diamalkan Setiap Pagi

Komentar