Sering Ciptakan Fake Scenario Sebelum Tidur? Berikut Efeknya

SMJTimes.com – Pernahkah Anda membayangkan kehidupan berjalan di dalam pikiran Anda? Anda mungkin membangun skenario seperti mengobrol dengan seseorang yang Anda sukai atau maju presentasi di depan bos dan rekan kerja sebelum Anda tidur. Hal seperti ini disebut dengan fake scenario atau skenario palsu.

Pengguna media sosial dan TikTok mengklain bahwa membuat skenario palsu dapat menambah rutinitas sebelum tidur yang membosankan. Beberapa orang juga berpikiran bahwa membangun cerita dalam pikiran dapat memengaruhi kita dalam melihat realitas yang ada, hingga dihubungkan dengan tanda-tanda kesehatan mental.

Meski demikian, sebuah skenario kecil sebelum tidur disebut sebagai trik efektif yang digunakan orang untuk tertidur.

Baca Juga :   Dampak Bullying bagi Mental

Benarkah demikian? Simak penjelasan berikut!

Kenapa seseorang menciptakan fake scenario?

Dikutip dari Sleepopolis, Brandy Smith yang merupakan seorang psikolog berlisensi di Thriveworks di Birmingham, Alabama mengatakan, orang-orang sering membayangkan skenario fiksi dalam pikiran mereka sebelum tertidur dengan harapan memperoleh ketenangan. Praktik ini membantu orang tersebut merasa lebih siap menghadapi kemungkinan kejadian esok hari, seperti memberikan rasa landasan dan keamanan.

Komentar