Apa Itu Kecerdasan Linguistik?

SMJTimes.com – Kecerdasan linguistik (Linguistic Intelligence) merupakan kecerdasan yang melibatkan kepekaan terhadap bahasa lisan dan tulisan, kemampuan mempelajari bahasa, dan kapasitas menggunakan bahasa untuk mencapai tujuan tertentu, dikutip dari Science Direct.

Dilansir dari ThoughtCo, Melissa Kelly, M.Ed., seorang penulis buku dan seorang guru sekolah menengah menulis bahwa jenis kecerdasan ini mencakup kemampuan dalam mengekspresikan diri secara efektif melalui ucapan dan kata-kata tertulis, serta berpotensi dalam mengembangkan kemampuan bahasa asingnya.

Sementara itu, dalam buku ‘Multiple Intelligences: New Horizons in Theory and Practice’ tulisan Howard Gardner yang juga seorang profesor di Departemen Pendidikan Universitas Harvard, dicontohkan T.S. Eliot sebagai orang yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi. Ia menunjukkan bahwa tokoh tersebut membuat majalah bernama ‘Fireside’ dan menjadi satu-satunya contributor di usianya yang baru beranjak 10 tahun. Selain itu, dalam periode tiga hari selama liburan musim dinginnya, dia menciptakan delapan terbitan lengkap. Masing-masing memuat puisi, cerita petualangan, kolom gosip, dan humor.

Komentar