Berapa Lama Waktu Ideal Penggunaan Earphones?

SMJTimes.com – Saat berada di keramaian, menunggu bus atau kereta sering kali kita mendengarkan musik lewat earphones atau airpods. Perangkat tersebut memungkinkan orang mendengarkan lagu kesukaan atau melakukan percakapan di telepon di mana saja dan kapan saja.

Meski sudah banyak produsen memproduksi earphones dan airpods senyaman mungkin agar dapat digunakan lebih lama, sebenarnya berapa lama waktu ideal untuk menggunakan perangkat tersebut?

Dilansir dari Harvard Health, telinga merupakan bagian yang sangat sensitif. Itu karena terdapat ribuan sel di dalamnya dan beberapa di antaranya memiliki struktur kecil mirip rambut yang berfungsi mentransmisikan suara dari telinga kembali ke otak.

Suara berlebih dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel tersebut, sehingga mengganggu mekanisme transmisi suara. Kerusakan juga dapat terjadi melalui hubungan antara sel-sel rambut dan sel-sel saraf karena suara keras yang berlebih.

Baca Juga :   Kalah Pamor, Yahoo Groups Gulung Lapak

Berapa tingkat suara yang dianjurkan?

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, kebanyakan suara earphones disetel dalam volume maksimum 105 hingga 110 dB (decibel). Sebagai referensi, paparan diatas 85 dB sama seperti suara mesin pemotong rumput.

Komentar