Langkah Memasang Softlens untuk Pemula

SMJTimes.com – Bagi beberapa orang, menggunakan softlens merupakan kebutuhan untuk menunjang penampilan. Meski praktis, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memasangkan softlens di kedua mata.

Pada beberapa kasus, pemasangan softlens yang tidak tepat dapat terjadi, misalnya terbalik atau bergeser. Penggunaan yang salah dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman, bahkan bisa iritasi.

Oleh sebab itu, berikut adalah langkah-langkah memasang lensa kontak (softlens) yang aman, dilansir dari laman Klik Dokter.

Cuci tangan

Sebelum memasang lensa kontak di mata, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Perlu untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mengurangi risiko infeksi mata. Meski begitu, lebih baik tidak menggunakan sabun yang mengandung parfum atau pewangi, karena beberapa kandungannya dapat menempel di permukaan lensa. Penting juga untuk melakukan pemasangan saat tangan sudah benar-benar kering.

Baca Juga :   Wanita Asal Pati Miliki Bisnis di Berbagai Bidang Usaha Berkat Model

Ambil lensa kontak dari tempatnya

Untuk menjaga kehigienisannya, lebih baik menyimpan softlens di tempatnya. Sebelum diambil, goyangkan perlahan tempat lensa sebelum dibuka agar lensa tidak menempel. Buka dengan perlahan, kemudian satu lensa untuk digunakan. Usahakan untuk menyelesaikan prosesnya pada satu mata dahulu, baru kemudian mengambil lensa kontak untuk mata yang satunya.

Cuci lensa kontak

Lensa kontak tidak dibersihkan dengan sembarang cairan, melainkan ada cairan khusus untuk membersihkannya. Membersihkan lensa kontak lebih dulu dapat mencegah infeksi, sehingga membuatnya lebih nyaman dan aman saat digunakan. Cara membersihnyannya, letakkan lensa di tengah tangan, kemudian bilas dengan cairan khusus pembersih softlens.

Periksa lensa kontak

Sebelum memasangnya, pastikan lensa kontak masih dalam kondisi baik, tidak robek atau rusak. Kemudian, letakkan lensa di ujung jari telunjuk dengan posisi terbalik. Bentuk sempurna lensa kontak cekung, seperti mangkuk.

Baca Juga :   Manfaat Lemon untuk Memerangi Jerawat pada Kulit Wajah

Pasang lensa kontak

Untuk memasang lensa kontak, pertama-tama, buka mata dengan menarik kelopak mata atas menggunakan jari tangan kiri. Kemudian, tarik kelopak mata bawah dengan jari tengah tangan kanan dan pasang softlens di permukaan bola mata. Anda bisa melihat ke depan atau ke atas saat memasang softlens.

Komentar