Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Bruntusan

SMJTimes.com – Bruntusan terjadi saat permukaan kulit wajah terasa kasar dan timbul bintik-bintik pada permukaan kulit. Kondisi ini bisa jadi karena jerawat, keringat, alergi, maupun stres. Meski tidak berbahaya, bruntusan dapat menggangu penampilan seseorang.

Berikut beberapa bahan alami untuk menghilangkan bruntusan.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin E yang memiliki sifat anti-bakteri dan anti-radang. Kandungan tersebut diyakini dapat membantu menghilangkan bruntusan. Caranya, ambil gel lidah buaya, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Konsumsi makanan mengandung zinc

Konsumsi makanan kaya zinc seperti telur, daging, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menjaga kesehatan kulit, serta mencegah munculnya bruntusan. Selain itu, suplemen zinc juga dapat membantu mendukung perawatan kulit.

Baca Juga :   Menurut Ahli, Berikut Cara Penggunaan Tabir Surya yang Benar

Kompres dengan es batu

Es batu memberikan sensasi dingin yang dapat meredakan peradangan pada kulit. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi kemerahan dan sensasi gatal akibat bruntusan. Caranya, ambil beberapa es batu, kemudian bungkus dengan kain, lalu tempelkan pada area yang bruntusan selama beberapa menit. Ingat, jangan aplikasikan es langsung pada kulit.

Putih telur

Putih telur memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran pada wajah dan menyerap lebihan minyak. Aplikasikan putih telur pada wajah secara merata, kemudian biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Madu

Madu mengandung anti-bakteri yang dapat menghilangkan sumber bakteri penyabab penyumbatan pori-pori. Madu juga bersifat asam yang menghambat pertumbuhan bakteri. Caranya, campurkan madu dengan kayu manis, lalu aplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Tunggu selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Komentar