Hutan Gundul Jadi Sebab Pati Banjir

Pati, SMJTimes.com – Selain intensitas hujan yang tinggi, hutan gundul di bagian Pati Selatan juga menyebabkan banjir di daerah Pati. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Hardi.

Politisi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tersebut menerangkan, karena kurangnya akar-akar pohon sebagai penyangga air hujan, air langsung turun ke sungai hingga akhirnya meluap ke pemukiman warga.

Bukannya tanpa alasan, banjir dadakan yang melanda Pati minggu ini seluruhnya terjadi di kecamatan-kecamatan Pati Selatan seperti Kayen, sukolilo, Jakenan, Gabus, dan Batangan. Bahkan Hardi menyebut fenomena banjir ini selalu terjadi selama bertahun-tahun.

Hutan Gundul Jadi Sebab Pati Banjir

“Sudah terbiasa seperti di Kayen terjadi banjir meski cuma lewat, ini finalnya di (Desa) Tanjang dan Ngantru banyak terdampar air karena dataran rendah. Penyebabnya ini karena tanaman hutan gundul, tidak ada tanaman. Tanaman jati yang biasa menyerap air habis,” kata Hardi saat ditemui di kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) partai Gerindra Pati kemarin, Jumat (11/3/2022).

Komentar