oleh

Kisah Albert Einstein yang Jarang Diketahui Orang

SMJTimes.comAlbert Einstens dikenal dengan kecerdasannya dan penemuan-penemuan penting dalam peradaban dunia. Namanya adalah sosok pertama yang diingat ketika kata jenius dilontarkan.

Dibalik otaknya yang ‘encer’, ia menyimpang kisah menarik yang jarang diketahui oleh orang. Contohnya, Einstein yang diklaim sebagai anak bodoh saat sekolah,

Namun rumor tersebut banyak disangkal para ilmuwan salah satunya, Forbes.  Sejak usia muda justru Albert Einstein sudah menguasai dalam matematika dan fisika. Ia mengenyam pendidikan selama 21 tahun dengan 9 tahun di antaranya dihabiskan oleh Einstein di perguruan tinggi untuk mempelajari Fisika.

Dikutip dari laman BBC dan History, berikut adalah kisah Albert Einstein;

  1. Otak Einstein pernah dicuri

Einstein dikabarkan wafat pada April 1955 karena menderita aneurisma aorta perut. Hal ini membuat otak dari sang genius ini dicuri setelah kematiannya.

Baca Juga :   The Benefits of Running That Make You Healthier and Happier

 

Diketahui, Einstein pernah membuat wasiat untuk mekremasi dirinya setelah meninggal. Namun, insiden tidak lazim terjadi kepada sang ilmuwan.

Ahli patologi Princeton Thomas Harvey disebut sebagai pelaku yang mengangkat otak Einstein selama proses autopsi. Dalam hal ini, ia bermaksud ingin membuka kegeniusan Einstein.

  1. Diminta jadi Presiden Israel

Pemerinta Israel peernah menawarkan Einstein menjadi presiden kedua negara tersebut. Meskipun Einstein tidak pernah menjadi sosok religious, permintaan pengangkatan tersebut diperkirakan oleh History akibat adanya hubungan antara Einstein dengan warisan Yahudi sekaligus sebagai sosok yang pernah vokal dalam menentang anti-Semitisme.

Namun, permintaan tersebut ditolak halus oleh Einstein, ia mengaku tidak piawai menjalankan tugas presiden.

“Sepanjang hidup saya, saya telah berurusan dengan hal-hal yang objektif,” tulis Einstein.

“Karenanya saya tidak memiliki bakat alami dan pengalaman untuk berurusan dengan orang yang benar dan untuk menjalankan fungsi resmi.” lanjut dia lagi.

Baca Juga :   'Jeritan Hati' Petani Garam di Pati

3. Tidak pakai kaus kaki

Kisah selanjutnya adalah Einstein yang tidak pernah memakai kaos kaki. Kepada sepupu dan istrinya Elsa. Ia menceritakan alasan dibalik dirinya yang mulai berhenti memakai kaus kaki.

“Ketika saya masih muda, saya menemukan bahwa jempol kaki selalu membuat lubang di kaus kaki. Jadi saya berhenti memakai kaus kaki,” tulis Einstein dilansir dari BBC, Senin (3/12/2022).

Bahkan, Einstein juga mempunyai kebiasaan unik memakai sepatu hak tinggi milik Elsa jika tidak menemukan sandalnya.

4. Butuh 9 tahun dapat posisi kerja

Kecerdasan Einstein memang sudah terlihat selama bertahun-tahun di almamaternya, Politeknik Zurich.

Namun hal tersebut tidak sejalan dengan sikapnya, ia kerap membangkang dan membolos hingga membuat professornya memberikan predikat yang kurang baik setelah dirinya lulus pada tahun 1900.

Baca Juga :   Pupuk Subsidi untuk Petani Pati Dialokasikan Rp 157 Miliar

Setelah lulus, Einstein kemudian menekuni profesi di bidang akademisi sebelum ia menetap di kantor paten Swiss, Bern. Posisi yang didapat Einstein ini masih terbilang sebagai pekerja rendahan.
Kemudian pada tahun 1909 ia dapat menyabet gelar professor meskipun sudah banyak karya yang ditemukan.

 

  1. Hoaks, klaim Einstein kecil bodoh

Banyak rumor yang mengatakan bahwa Einstein kecil adalah sosok anak yang bodoh. Hal ini dijadikan motivasi untuk anak-anak. Namun kenyataannya, Einstein selalu mendapat nilai tertinggi,

“Sebelum saya berusia 15 tahun, saya telah menguasai kalkulus diferensial dan integral,” ujar Einstein. (*)
Artikel ini telah tayang di Detik Edukasi dengan judul “5 Kisah Einstein yang Jarang Diketahui, Diminta jadi Presiden Israel?”

Komentar