oleh

Event Olahraga di Pati Dapat Digelar Saat PPKM Level 1

Pati, SMJTimes.com – Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Satgas Covid-19 Kabupaten Pati semakin melonggarkan sejumlah aktivitas masyarakat di ruang publik. Salah satunya kegiatan olahraga.

Kegiatan olahraga dan sarana prasarana outdoor sudah dibuka, meski menerapkan protokol kesehatan (prokes) cukup ketat.

Sayangnya, penyelenggarakan event olahraga selama masa PPKM Level 3 di Pati masih dilarang karena mempunyai potensi keramaian dan kerumunan.

“Kalau menggelar sendiri di lapangan terbuka belum diperbolehkan, yang diperbolehkan sementara kita masih internal dulu. Karena kita masih level 3,” ungkap Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati, Rekso Suhartono.

Kendati demikian, Kabupaten Pati boleh mengikuti event olahraga di luar daerah yang asesmen level wilayahnya sudah rendah, seperti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah yang diselenggarakan di Kota Semarang.

Baca Juga :   Capaian PAD Pati Triwulan Kedua 40 Persen

Sementara, untuk olahraga di kolam renang belum boleh dilakukan lantaran  kolam renang mempunyai potensi menularkan Covid-19 lebih tinggi.

Meski kandungan air di kolam renang mengandung zat yang mampu membunuh kuman, kerumunan di kolam renang atau di ruang ganti dinilai cukup sulit dihindari.

Rekso mengungkapkan, event olahraga dimungkinkan baru bisa diselenggarakan, apabila asesmen wilayah Pati sudah memasuki PPKM Level 1. Saat capaian vaksinasi Covid-19-nya sudah mencapai 70 persen dari sasaran.

Oleh karenanya, program vaksinasi Covid-19 diprioritaskan agar berbagai aktivitas publik bisa lebih dilonggarkan lagi.

“Jika sudah PPKM Level 1 kita mungkin sudah bisa tapi dengan protokol kesehatan ketat,” tandas Rekso. (*)

Komentar

News Feed