Petani Pati Diminta Waspadai Hama Tikus

Pati, SMJTimes.com– Pada awal musim tanam padi pertama (MT-1), petani di Kabupaten Pati diminta untuk mewaspadai serangan hama tikus dan juga organisme pengganggu tanaman (OPT).

Kun Saptono, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura mengatakan, sejak musim kemarau kemarin, populasi tikus di Pati cenderung meningkat hingga memasuki musim penghujan hama ini masih yang paling sulit dikendalikan.

Selain tikus ada juga hama OPT seperti ulat dan wereng yang akan menyerang batang padi dan menyebabkan kematian pada tanaman. Jika tak diatasi maka gagal panen mengancam.

“Kalau OPT yang sifatnya ulat dan wereng kita belum bisa mempredidiksi. Yang jadi sorotan tikus di Pati selatan sulit dikendalikan. Ga ada penyebabnya langsung datang kok,” kata Kun kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya hari ini, pada Sabtu (6/11/21).

Baca Juga :   Presiden RI Joko Widodo Bawa Misi Perdamaian Kunjungi Ukraina

Kaitannya dengan hama tikus salah satu yang dapat dilakukan mengantisipasinya ialah dengan cara melakukan gropyokan tikus secara berasama-sama. Termasuk memasang perangkap dan racun.

Komentar