Dihapuskannya UN Tak Menghambat Pemetaan Pendidikan di Rembang

Rembang, SMJTimes.com– Dihapuskannya program ujian nasional (UN) oleh pemerintah tak mempengaruhi proses pemetaan pendidikan di Rembang. Nilai semester dari masing-masing lembaga pendidikan sudah mampu mengukur standar keberhasilan belajar para siswa.
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Penilaian SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang, Samiun.
“UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sudah tidak ada. Artinya tetap ada ujian sekolah untuk mengukur kemampuan siswa tapi pakai evaluasi di akhir semester kan bisa. Tidak ada masalah masih biasa saja. Tanpa adanya UN mendaftar ke perguruan tinggi juga biasa,” ujar Samiun kepada SMJTimes.com saat ditemui di kantornya.
Ia juga menilai bahwa semangat belajar murid dan mengajar guru tak menurun meski ujian akhir sekolah ditiadakan. “Semangat guru dan murid tidak ada bedanya. Para guru mereka paham bagaimana mengukur daya tangkap anak. Ada berbagai macam cara, apalagi sebagian besar guru juga sudah didiklat,” imbuh Samiun.

Komentar