Dilema Dirasakan DLH terkait Aduan Bau Ayam

Pati, SMJTimes.com– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati Jawa Tengah menyebut bau kandang ayam mengganggu adalah yang paling banyak diadukan warga Pati tahun ini. Tulus Budiharjo, Plt Kepala DLH Pati mengatakan pasti ada pengadu di setiap kecamatan di Pati.

Bau kotoran ayam dianggap mengganggu aktivitas warga karena sangat menyengat. Selain itu, dampak jangka panjangnya dapat mengganggu kesehatan karena populasi lalat meningkat.

“Hampir merata sekarang yang mengadu. Usaha RPA (Rumah Pemotongan Ayam) kan cukup banyak, dari Pegunungan Muria  sampai pesisir, sampai Pegunungan Kendeng merata se-Kabupaten Pati,” kata Tulus kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya hari ini, pada Senin (27/9/21).

Tulus menyebut cukup dilema menanggapi aduan bau kandang ayam. Menurut aturan pendirian kandang ayam harus berjarak setidaknya 500 meter dari permukiman masyarakat. Sayangnya mendirikan kandang ayam di daerah area persawahan atau lahan hijau juga dilarang dalam aturan, melanggar peraturan daerah tentang penyelenggaraan tata ruang.

Komentar