Sidang Umum PBB, Raja Salman Dukung Denuklirisasi Iran

SMJTimes.com– Raja Salman bin Abdulaziz berpidato secara virtual dalam Sidang Umum PBB di New York, AS, pada Rabu (22/9/2021). Raja Arab Saudi itu menyatakan kerajaannya mendukung upaya pencegahan Iran memperoleh senjata nuklir.

“Kerajaan menekankan pentingnya menjaga Timur Tengah bebas dari senjata pemusnah massal. Atas dasar ini kami mendukung upaya internasional yang bertujuan mencegah Iran memiliki senjata nuklir,” ungkap Raja Salman.

Iran dan Arab Saudi telah menjadi saingan selama bertahun-tahun, kedua negara ini memutuskan hubungan diplomatiknya pada tahun 2016. namun, tahun ini keduanya telah melakukan pembicaraan dengan tujuan mengurangi ketegangan.

“Iran adalah negara tetangga, dan kami berharap pembicaraan awal kami dengannya akan menghasilkan hasil nyata untuk membangun kepercayaan berdasarkan penghormatan kedaulatan dan tidak mencampuri urusan dalam negeri,” kata Raja Salman.

Baca Juga :   Laporkan Dugaan Korupsi Rektor, Mahasiswa Unnes Dipulangkan

Setelah Dampingi Presiden Bolsonaro dalam Sidang Umum PBB Sebelumnya, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyerukan agar dilanjutkannya pembicaraan nuklir antara Teheran dengan kekuatan dunia. Pembicaraan ini mengarahkan pada pengahapusan sanksi AS.

Komentar