oleh

Promosi Destinasi Wisata, Dinporapar Pati Gandeng OPD

Pati, SMJTimes.com – Tak mempunyai dana promosi pariwisata, Dinporapar berencana akan gandeng Diskominfo dan tokoh masyarakat daerah untuk promosikan destinasi wisata di Pati.

Hal ini diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pati, Edi Sulistyono. Sejak ditutup total pada tahun 2020 karena terjadi pandemi Covid-19, anggaran promosi pariwisata Dinporapar dialihkan untuk penanganan dampak pandemi corona.

“Kita gandeng Diskominfo Humas Daerah, tokoh masyarakat yang memahami wisata Pati. Kita anggarannya tidak bisa tahun ini. Nggak ada. untuk promosi kita gandeng yang lain. Kita menggunakan fasilitas yang sudah ada lah tingal nanti persyaratan pembukaannya bagaimana,” ujar Edi Plt kepala Dinporapar dan asisten II Setda Pati.

Baca Juga :   Polisi Ringkus 6 Penjudi di Desa Ketip Juwana

Menurutnya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pemangku pariwisata setempat merupakan langkah yang efektif. Para subjek tersebut dianggap sudah memahami kebutuhan dan target yang hendak dicapai oleh daerah.

Diketahui setelah Pati masuk dalam asesmen wilayah kategori dua, Satgas Covid-19 sudah memperbolehkan para pelaku usaha pariwisata untuk beroperasi secara terbatas. Tiga lokasi pariwisata diagendakan melakukan uji coba pembukaan destinasi dalam waktu dekat.

Menurutnya, promosi wisata adalah hal krusial yang harus dilakukan di masa new normal ini. Pasalnya Destinasi wisata adalah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). PAD ini tentunya akan digunakan untuk membangun perekonomian daerah.

“Kalau bisa secepatnya dibuka karena dampak ekonomi wisata itu kan cukup luas. Dari pelaku wisata perhotelan, rumah makan, transportasi, UKM terdampak semua. Kalau dibuka menjadi lebih hidup,” imbuhnya.

Baca Juga :   Dinporapar Pati Desak Pelaku Usaha Wisata Urus Perizinan

Selain promosi para pihak juga akan dilibatkan dalam sosialisasi protokol kesehatan di lingkungan destinasi untuk menekan angka sebaran Covid-19. (*)

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Tak Punya Anggaran Promosi Wisata, Dinporapar Gandeng OPD dan Pemangku Wilayah”

Komentar

News Feed